4 Barang yang Sering Dilupakan saat Mendaki

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Apasih barang - barang yang sering kita lupakan ketika melakukan pendakian?
Barang - barang berikut ini sebenarnya simpel dan tidak berat, tetapi sering kita lupakan saat melakukan pendakian, dan akibatnya juga cukup membuat rasa sesal di hati.

1. Mantel
Barang ringan ini kadang kita lupakan. Kadang di musim kemarau pun, di gunung bisa hujan, seperti gunung prau di wonosobo. Akibatnya kita bisa basah kuyup dan kedinginan. Sebaiknya ketika terjadi hujan dan tidak membawa mantel saat pendakian, segera cari tempat yang pas dan dirikan tenda. Jangan sampai baju kita basah karena kehujanan. Jika basah maka pastikan kalian membawa baju ganti.

2. Senter dan batrai
Kadang mengesalkan ketika pendakian malam hari dan kita tidak membawa senter atau kita tidak membawa batrai cadangan karena senter telah digunakan pada pendakian sebelumnya. Akhirnya kita hanya diterangi cahaya senter oleh teman kita. Itu cukup menyusahkan, karena kadang mereka tidak menerangi kita dengan benar.
Setidaknya siapkan dua batrai cadangan ketika kalian melakukan pendakian.

3. Penghangat
Penghangat seperti apa? Penghangat minuman jahe atau balsem yang menghangatkan. Kita sering lupa membawanya. Padahal saat kedinginan, kita membutuhkan barang tersebut. Kita dapat menikmati jahe anget sebelum tidur dan pagi hari.
Untuk mengurangi dingin, juga pakailah jaket khusus pendakian. Jangan memakai jaket biasa, karena dingin malam di gunung dapat menembus jaket tipis kalian. Di dalam tenda pun sangatlah dingin.

4. Kantong Plastik
Kadang kita lupa membawa kantong plastik untuk tempat sampah dan untuk wadah peralatan makan yang kotor. Karena tidak membawa kantong plastik, kadang kita nekad memasukkan kedalam tas seperti baju kotor dan peralatan makan yang telah dipakai. Akibatnya tas kita berbau tidak sedap. Oleh karena itu, bawalah beberapa kantong plastik yang besar dan kecil. Kantong plastik besar dapat kita gunakan untuk memunguti sampah yang berserakan di pendakian, dan kantong plastik kecil untuk wadah pakaian kotor ataupun peralatan masak dan peralatan makan.

Itulah beberapa barang yang sering lupa kita melakukan bawa ketika pendakian. Telitilah sebelum mendaki! Pastikan semuanya siap.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon