4 Barang yang Sering Hilang di Pendakian

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Apa saja barang yang sering hilang saat pendakian?
Barang - barang berikut ini rawan hilang saat pendakian dan perlu antisipasi penuh.


1. Sendal atau sepatu gunung
Ini biasanya menjadi target utama para pencuri di gunung. Karena mudah dibawa dan disembunyikan. Sebaiknya saat kita tidur, amankan barang - barang kalian. Biasanya sandal diletakkan diluar tenda kan? Segeralah waspada dan amankan.

2. Tas / karir
Saat ditinggal pergi ke puncak, kita sering meninggalkan karir. Pencuri juga cukup tertarik dengan barang seperti ini. Pernah teman kami menemukan karir dan sepatu yang tergeletak di area pendakian merapi via new selo. Diduga itu adalah barang yang dicuri, karena sempat ada laporan kehilangan dan ranger (petugas keamanan pendakian) naik ke lokasi perkemahan untuk menyelidiki.

3. Jaket
Biasanya jaket yang ditinggal ditenda sering hilang, karena jaket gunung itu mahal. Maka antisipasilah. Jangan meninggalkan jaket anda sembarangan. Pernah, ada salah seorang pendaki yang berbagi cerita dengan kami. Ia kehilangan jaketnya yang ditinggal di tenda saat terjadi kebakaran di gunung merbabu. Ia saat itu sedang membantu memadamkan api. Eh, niat baiknya malah berbuah kesialan. Semoga ia mendapatkan ganti yang lebih baik.

4. Senter
Senter juga hilang? Pencuri pun selektif lho, ia akan mencuri barang - barang kecil yang bernilai cukup tinggi. Oleh karena itu jangan tinggal barang anda secara sembarangan.

Di pendakian sindoro via temanggung cukup rawan kehilangan, oleh karena itu ada balak - bapak yang menawarkan jasa penitipan barang di pos 3. Kita bisa membayarnya 25000 untuk jasa keamanan tenda dan seisinya.

Tapi sekarang kebanyakan tempat pendakian relatif aman dari pencuri. Hanya saja jika kita sedang sial, kita dapat kehilangan barang - barang diatas. Oleh karena itu buatlah antisipasi dengan semisal, jika kita mendaki dan membuat tendak, maka kenalilah lingkungan sekitar tenda kalian. Lakukan komunikasi dengan pendaki lain yang mendirikan tenda di dekatmu. Jika kita ingin ke puncak atau meninggalkan tenda, kita dapat menitipkan kepadanya. 
Tetapi dengan menitipkan tenda kepada pendaki lain apakah kalian percaya? Maka dari itu perlu analisis lebih mendalam. Ya kalian pasti tahu maksudnya kan? :)

Oke, mungkin itu sepenggal tulisan tentang barang yang rawan hilang dalam pendakian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon