5 Makanan yang Mengenyangkan untuk Mendaki

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Tips makan yang mengenyangkan
 untuk pendaki"
Apasih makanan yang mengenyangkan saat mendaki?
Makanan yang simpel, awet, mudah dibawa dan mengenyangkan perut itu sangat dibutuhkan oleh pendaki, karena kita tidak ingin makanan menjadi beban. Makanan dibawah ini mengenyangkan dan cocok untuk pendakian

1. Kentang.
Kentang mengandung banyak karbohidrat  dan mengenyangkan. Kita bisa merebus atau menggorengnya. Cukup makan satu kentang sebesar kepalan tangan atau setengahnya, akan mengganjal perut kita untuk setengah hari. 

Saran memasak:

Menggoreng kentang 
Dengan cara mengiris kentang menjadi kotak - kotak panjang yang agak kecil. Kemudian digoreng menggunakan minyak. Sebaiknya membawa margarine saja, jangan membawa minyak cair.

Bakar kentang:
Jika kalian membuat api unggun, maka jangan sia - siakan api unggun tersebut. Gunakan untuk membakar kentang. Bisa dilakukan dengan kentang utuh. Jika ingin lebih nikmat, setelah dibakar, kita dapat menambahi dengan menaburi bumbu mie.

Merebus kentang
Kita dapat merebusnya secara utuh menggunakan air. Jika menghemat air, sebaiknya kita goreng saja atau kita bakar di api unggun.

2. Roti
Ini yang paling sering dibawa oleh para pendaki. Roti juga mengandung banyak karbohidrat. 
Penyajian roti:
Biasanya mereka membawa roti isi atau roti tawar. Jika roti isi, kita langsung bisa mengkonsumsinya. Untuk roti tawar, kita dapat menambahi dengan susu ataupun selai sesuai selera kita. 
Mereka kadang juga mengkombinasikannya menjadi sandwich sederhana dengan bumbu instan. Kita dapat membuat sandwich dengan menambahi beberapa sayuran. Jika kita membawa sayuran dan telur. Ini akan pas untuk dinuat sandwich. 
Yang pertama kita lakukan adalah siapkan sayuran segar dengan menumpuknya diatas roti. Setelah itu gorenglah telur ceplok dan tumpuk diatasnya. Kemudian imbuhi dengan bumbu sandwich instan dan tutup dengan roti lagi. Maka siap dihidangkan. Mantap bukan?

3. Gula jawa
Ini adalah andalan para pendaki yang ingin berhemat. Gula jawa akan menambah energi saat melakukan perjalanan pendakian dengan cara dikonsumsi seperti permen. Kita dapat mengkonsumsinya ketika dalam perjalanan. Jangan jadikan gula jawa ini sebagai makanan pokok dalam pendakian.

4. Kurma
Ini yang cukup jarang dibawa pendaki Indonesia. Sebenarnya kurma ini makanan yang sangat cocok dibawa ketika pendakian. Memakan beberapa butir kurma akan mengenyangkan dan meningkatkan banyak energi.

5. Memasak Nasi Ketan
Kadang ada juga yang nemasak nasi ketan dengan tambahan daun pandan. Aromanya akan sangat enak. Cukup makan nasi itu saja sudah enak dan mengenyangkan.

Itulah beberapa makanan pengenyang dalam pendakian. Enjoy dengan pendakianmu!


Penulis :
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon