7 hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mendaki

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Pendakian Merbabu"
Banyak hal penting yang harus diperhatikan ketika mendaki gunung. Diantaranya adalah :

1. Peralatan dan Perlengkapan
Pastikan segala peralatan dan perlengkapan mendaki sudah disiapkan dan tidak ada yang tertinggal. Peralatan seperti tas carir, memakai sepatu atau sandal, tongkat, pisau, sleeping bed, matras, peralatan memasak dll sebagainya. Kemudian siapkan perlengkapan seperti bekal makanan. Bawalah bekal yang ringan dan mengenyangkan seperti roti, mie atau membawa kentang yang kaya karbohidrat. Bawalah minuman yang cukup. Satu anak membawa dua minuman botol 1,5 liter. Jangan lupa membawa p3k.

2. Berdoa
Jika semua sudah siap, mulailah diawali dengan berdoa ketika akan berangkat dan saat akan pulang. Doa adalah kekuatan pendorong kita.

3. Kebersamaan
Pastikan ketika dalam pendakian kalian selalu bersama. Jangan tinggalkan rombongan. Beri instruksi jika salah satu dari para pendaki ada yang kelelahan. Bilang kalau capek.

4. Utamakan perempuan
Ketika mendaki bersama perempuan, maka jagalah mereka karena perempuan itu mudah lelah. Biarkan mereka berada didepan.

5. Makan sebelum tidur
Ketika akan tidur jangan lupa makan karena jika kita tidur dalam keadaan lapar, maka tenaga kita akan habis dan tidak mampu menahan suhu dingin. Jika begitu dapat menyebabkan kematian.

6. Jangan menyepelekan
Jangan pernah menyepelekan aturan - aturan dalam pendakian karena biasanya hal yang kita sepelekan malah menjadi kuburan untuk diri sendiri. Ikutilah aturan dan standar pendakian.

7. Jangan ceroboh
Ketika mendaki, terutama saat berada di jalur yang terjal janganlah ceroboh. Kalian harus cermat, teliti dan hati - hati, biasanya banyak terjadi masalah dengan hal kecerobohan.


Hal diatas adalah sebagian dari banyak h yang perlu kita perhatikan jika mendaki gunung. Memang tidak ada aturan - aturan tertulis tentang hal - hal diatas. Tetapi itu sudah menjadi kebiasaan para pendaki di Indonesia ini. Pendakian yang ceroboh ataupun tidak mendengarkan intruksi dapat berakibat fatal untuk pendaki sendiri seperti halnya tersesat dalam pendakian. Jika kita lihat, sekarang jalur pendakian di kebanyakan gunung Indonesia sudah tidak terlalu membingungkan. Ini dikarenakan adanya rute yang jelas seperti plang petunjuk arah dan bekas injakan kaki para pendaki. Jadi akan sangat ceroboh jika kita tersesat dalam pendakian.

Itulah sepenggal tulisan tentang hal yang harus diperhatikan saat mendaki gunung. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian para pendaki.


Penulis :
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon