7 jenis Alat Pendakian yang umum dipakai pendaki

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Pendakian juga memerlukan alat. Lalu apa saja jenis - jenis alat pendakian yang paling umum digunakan saat mendaki?

Sepatu gunung
1. Sepatu gunung.
Sepatu gunung cocok digunakan saat musim kemarau. Ini akan melindungi dari batuan kecil. Tetapi jika musim hujan akan basah dan menjadi tidak nyaman dipakai. 






Sandal gunung
2. Sendal gunung
Sendal gunung cocok dipakai di segala medan dan cuaca, hanya saja kadang membuat kaki lecet. Oleh karena itu, kita harus memakai kaos kaki yang tebal saat memakai sandal gunung.

Sepatu gunung dan sendal gunung adalah alas kaki khusus pendakian yang dibuat dari bahan yang tahan dengan cuaca, kuat dan tidak licin saat hujan. Jangan mendaki menggunakan sandal biasa ataupun sepatu biasa yang didesain tidak khusus untuk pendakian karena bahannya berbeda. Kadang akan sangat licin dan mudah rusak. Jangan memakai sepatu pdh, akan membuat kaki lecet - lecet.






3. Jaket gunung
Jaket gunung juga dibuat dari bahan yang mampu menghalangi dingin dan biasanya tidak tembus angin gunung. Jaket gunung juga kebanyakan anti air. 





4. Tas gunung atau karir / carier
Tas ini dimodifikasi untuk mempermudah dalam membawa banyak barang dan barang berat saat pendakian. Coba bandingkan saat membawa barang berat dengan tas biasa dan tas gunung.





5. Tongkat pendakian
Tongkat untuk mendaki ini mempunyai desain khusus yang membantu dalam memudahkan pendakian. Tongkat ini cukup memabantu ketika dalam medan yang licin, sebagai tambahan penopang kita.





6. Tenda
Tenda yang dipakai dalam pendakian umunya adalah tenda dom dengan kapasitas 4 hingga 6 orang. Tenda ini mudah dalam pendiriannya dan cukup cepat. Jangan membawa tenda model lama yang biasanya digunakan untuk pramuka, pendiriannya lama dan menghabiskan tenaga.






7. Peralatan makan dan masak
Biasanya pendaki akan membawa peralatan masak berupa kompor dan gas kecil khusus pendakian dengan nesting (alat memasak untuk menanak atau menggoreng). Untuk satu botol gas, cukup untuk pendakian selama 2/3 hari dengan pemakaian hemat.
 
Mungkin ada tambahan lain?
Oke, itulah perlengkapan atau peralatan yang umum digunakan saat mendaki.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon