Bukit Batu, Riam Kanan, Kalimantan Selatan

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Foto oleh : ig @fatoniirawan
Bukit Batu atau yang biasa dipanggil Gunung Batu ini terletak di Riam Kanan, Kalimantan Selatan. Masyarakat sekitar menyebut Gunung Batu ataupun Bukit Batu karena di tempat ini tanahnya adalah di selimuti dengan banyaknya batuan. Di area ilalang yang luas juga ternyata dibawahnya adalah bebatuan. Jadi kita harus berhati - hati.

Bukit batu ini adalah tempat yang tanahnya berupa hamparan rerumputan seperti savana yang sangat luas. Di bukit ini sedikit pepohonan. Dari tempat ini kita dapat melihat indahnya perairan disekitar savana. Kita juga dapat melihat hamparan rerumputan sangat luas disertai dengan indahnya bukit - bukit fan pegunungan yang membentang memanjang. Akan sangat menyenangkan karena kita dapat memanjakan mata untuk menikmati kuningnya khas rerumputan ilalang savana.

Biasanya banyak pencinta alam melakukan camping di bukit batu ini. Mereka melakukan kegiatan ini sekedar untuk berrekreasi menikmati indahnya alam borneo. Dari bukit/gunung batu ini kita dapat melihat indahnya sunrise maupun sunset. 
Foto oleh : backpackerborneo,
sunrise di savana gunung batu 


Tempat ini masih cukup sepi untuk melakukan kegiatan camping. Akan sangat asik jika kita pergi kesini. Karena tempat ini mempunyai medan yang mudah, kita bisa membawa alat - alat camping dan lain - lain tanpa terlalu menghabiskan banyak tenaga. Kita bisa membawa makanan ringan yang banyak untuk sekedar makan - makan sambil menikmati tempat ini. Kita juga bisa membawa gitar ataupun gitar kecil untuk bernyanyi ria  di savana gunung batu ini. Untuk pendirian tenda di gunung batu ini sebaiknya pilihlah tempat yang rata yang tidak banyak batuan besar. Bawalah matras untuk membuat alas karena juga banyak kerikil - kerikil yang mengganjal. Ini akan membuat tidur kita tidak nyaman.

Pemandangan pegunungan
di Gunung Batu Riam Kanan
Kita dapat menuju Gunung Batu ini dengan menyebrangi Waduk Riam Kanan kurang lebih selama 45 menit kita berada diatas perahu (kelotok kayu). Kelotok kayu ini adalah transportasi utama untuk masyarakat yang tinggal di waduk ini. Jika angin bertiup kencang, kadang akan membuat gelombang air waduk menjadi cukup besar, seperti ombak laut dan akan serasa naik perahu di laut.
View perairan dari Gunung Batu
Untuk menuju gunung batu ini sebaiknya kita melalui rute yang ada angkutan umumnya seperti kelotok kayu diatas supaya mudah. Untuk menaiki kelotok kayu ini kita bisa dikenakan tarif sekitar 11.000. Jadwal keberangkatan kelotok ini tidak menentu, kita harus menunggu hingga penumpang penuh.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon