Jalan Dari Magelang Menuju Pendakian Selo

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Jalur selo via magelang rusak parah"

Sudah pada tahu belum kalau jalan  raya menuju pendakian selo via magelang rusak parah?
Terakhir kami berkunjung, maret 2016, keadaan jalan raya menuju selo dari magelang keadaannya rusak parah. Mulai dari jalan dekat pertigaan antara ketep dan jalan menuju selo, keadaan jalannya sangat rusak. Banyak kerikil dan pasir, jalan berlubang, jangan dikira kecil. Lubang di jalan ini adalah lubang - lubang besar. Jika musim hujan, jalan magelang - selo ini akan tergenang air pada lubang - lubangnya dan juga licin.

Penyebab dari rusaknya jalan raya menuju pendakian selo via magelang ini disebabkan oleh muatan pasir yang dibawa oleh ratusan truk setiap harinya. Truk - truk tersebut membawa pasir di area sekitar gunung merapi dan gunung merbabu. Akibatnya, jalanan menjadi rusak, sering macet karena antrian truk. Kita juga harus sangat berhati - hati ketika melewati jalan ini.

Beberapa jalan menjadi sangat parah, bahkan banyak batuan besar di tengah jalan selo via magelang ini.
Jalan yang rusak diberi pembatas
Dengan batu besar

Saran menuju pendakian selo via  Kabupaten Magelang:
Sebaiknya memakai sepeda motor, bisa memakai matic ataupun bergigi. Jangan memakai motor kopling, akan rawan macet-macet motornya, karena jalannya rusak parah, dan kita terkadang akan terganggu dibelakang truk - truk muatan pasir. Sebelum mengendarai pastikan keadaan motor dalam kondisi baik. Cek rem, ban, lampu dll. Kalau memakai mobil malah akan lebih susah lagi, karena banyak jalan dengan lubang yang sangat besar. Jalan rusak ini kira - kira sepanjang 10 kilometer dan itu rusak parah semua.
Aspal jalan hilang, berganti menjadi
jalan dengan batuan besar

Kebanyakan jalanan ini juga berpasir. Kami sempat melihat insiden seseorang jatuh dari sepeda motornya karena tergelincir di pasir. Mereka agak ngebut dan kurang hati - hati.

jalanan berpasir,sorry
kamera kami nggak fokus


Kami melihat banyak aspal bagian luar yang mengelupas, sehingga aspal bagian dalam terlihat. Ini cukup berbahaya. Jika ngebut, kita bisa terjatuh.





Kalau mau lewat jalan yang mudah, bisa lewat boyolalai kota (using gps).

Seperti itulah keadaan jalan menuju jalur pendakian selo gunung merbabu dan gunung merapi via magelang tahun 2016. Semoga bermanfaat.

/ig: mountnesia









Artikel Terkait


EmoticonEmoticon