Pendakian ke Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Suasana pagi di Andong"
Gunung andong adalah gunung yang punya ketinggian 1726 mdpl, terletak daerah Magelang, jadi primadona di kalangan Instagrammers.

Basecamp Andong Via Taruna Jaya Giri Sawit ini lokasi tepatnya adalah berlokasi dan bertempat di Desa Sawit, Girirejo, Ngablak, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56194, Indonesia

Peta Menuju Basecamp Andong :
Via Google Map

Berapa lama pendakian ke Andong?
Kalau cepet dan santai nggak banyak istirahat ya bisa ditempuh sekitar 1 - 1,5 jam pendakian. Kalau rata - rata sih bisa 2 - 2,5 jam untuk mereka yang super santai banyak istirahat.

Bagaimana medan pendakian andong?
Track pertama setelah base camp sekar arum, kita akan melewati kebun penduduk. Setelah itu kita akan melewati tanjakan dan setelah itu sampai di hutan pinus.


Pendakian ke andong ini biasanya dilakukan pada malam hari atau pada pagi hari sebelum matahari terbit. Kalau siang hari atau sore itu jarang yang ndaki.

Setelah menyusuri hutan pinus kita akan menyusuri terus hingga sampai pos bebatuan, itu medannya nanjak terus. Dari situ banyak tanda arah ke puncak. Ikuti saja. Nanjak terus sampai ke puncak makam, akantetapi setelah melewati jalan bebatuan, kita akan melewati jalanan terjal dengan ditemani jurang. Berhati - hatilah karena ini cukup berbahaya.

Sesampainya di puncak makam, kita bisa naik sedikit. Biasanya di are situ adalah tempat buat ngecamp.

Kalau ndaki siang hari, sorenya kita bisa menikmati sunset dan paginya kita dapat menikmati sunrise dengan pemandangan pagi hari seperti gunung - gunung di jawa, merbabu, merapi, andong, ungaran dll.

Berikut foto - fotonya:
Sunrise andong

Pagi hari in andong


Sunset andong

Mendaki ke andong ini menjadi salah satu latihan awal para pendaki pemula. Memang pemandangannya sangat menawan dan mengesankan. Jika kita mendaki gunung andong pada hari libur, biasanya akan sangat ramai dan kita perlu antri saat mendaki. Ketika sampai di puncak juga bisa ada ratusan pendaki yang membuat sesak. Kita tidak akan menemukan kesunyian disini pada hari - hari libur. Gunung primadona para pendaki ini menjadi agak kotor dengan banyaknya pendaki.

Beberapa pendaki kadang juga ada yang hanya laki - laki perempuan (sepasang kekasih?). Bisa jadi ini tempat yang romantis untuk sepasang kekasih. Ya pokoknya gunung andong itu asik. Ayo kunjungi!

Itulah sekilas tentang gunung andong, semoga bermanfaat. Salam pendaki!


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon