Pendakian Merbabu Via Selo yang Paling Susah

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Pos 3 via selo, merbabu"
Mendaki merbabu via selo ini terkenal sangat mudah dan dianggap sangat ramah untuk para pendaki, terutama pendaki pemula. Tapi ya namanya pendakian ya tetap saja ada jalur yang cukup susah.
Lalu dimana jalur pendakian merbabu yang paling susah via selo ini?
Pendakian yang cukup susah dan melelahkan ketika kita sampai di pos 3, karena kita selanjutnya akan mendaki menuju sabana 1. Nah, jalan naik menuju sabana 1 ini adalah tanjakan yang cukup tinggi dan medannya agak susah. Medan pendakian ini berupa tanah dan sedikit bebatuan yang licin saat musim hujan. Pendakian ini akan membuat kelelahan yang cukup tinggi karena medannya bersekat sekat dengan jarak yang cukup tinggi, sehingga kaki harus mengangkat cukup tinggi pula. Hal itu yang membuat cepat lelah. Jalur pendakian ini juga memiliki celah semacam sungai  yang agak dalam disepanjang jalurnya. Biasanya kalau hujan, jalur ini menjadi tempat mengalirnya air. Oleh karena itu sebaiknya sangat berhati - hati ketika melakukan pendakian menuju sabana 1 merbabu ini.

Biasanya para pendaki mendirikan tenda di pos 3. Tetapi ini malah membuat lelah ketika melakukan perjalanan menuju puncak. Sebaiknya mendirikan tenda di sabana 1 atau sabana 2 karena medan setelah sabana 1 ini cukup mudah.

Memang jika siang hari, pendakian menuju sabana satu ini terlihat sangat tinggi dan medannya berat. Ya memang begitu. Tetapi sebaiknya, daripada berhenti di pos 1, lebih baik kita lanjut mendaki menuju sabana 1 supaya pendakian menuju puncak terasa lebih mudah.

Jika sudah sampai di sabana 1, kita sapat ngecamp di bagian kanan diatas bukit. Pada malam hari kita dapat melihat gemerlapnya kota layaknya seribu bintang, jika tidak berkabut. Dari sana kita juga dapat menikmati indahnya sunrise yang cukup menawan. Jika hari sudah cerah, kita dapat berfoto ria di sabana 1 ini. Yang jelas pemandangannya jauh lebih indah daripada pos 3.

Itulah sedikit info mengenai medan yang paling susah di pendakian merbabu via selo.




Penulis :
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon