Pendakian Paling Ekstrim di Pulau Jawa

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Pendakian Puncak Gunung Raung"
Pendakian gunung paling ekstrim di pulau jawa adalah ketika mendaki menuju gunung raung, terutama ketika mendaki menuju puncak gunung raung tersebut.

Mengapa gunung raung menjadi pendakian paling ekstrim dan berbahaya di Pulau Jawa ini?
Pendakian menuju puncak raung ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 3 hari untuk mencapai puncak. Pendakian menuju puncak gunung raung ini hanya bisa melalui kalibaru., Jawa Timur. Sebelum melakukan pendakian, kita perlu membuat surat keterangan terlebih dahulu.

Sekilas pendakian via kalibaru:
Dari basecamp menuju pos 1, rumah pak Sunarya. Disana kita dapat membeli perlengkapan pendakian seperti minuman dll. Pos 1 ini terletak di ketinggian 980mdpl.

Kemudian menuju pos 2. Pendakian menuju pos 2 cukup banyak semak berduri, kita harus hati - hati. Di pos 2 ini adalah tempat untuk ngecamp yang paling luas untuk para pendaki. Dari pos 1 ke pos 2 sekitar 4 jam perjalanan dengan jarak 4130 m.

Pos 3
Ditempuh sekitar 1 jam dari pos 2. Kita bisa mendirikan tenda di pos 3, akantetapi lokasinya agak sempit.

Pos 4
Dengan ketinggian 1855, disini ada sebuah tempat lapang yang cukup untuk mendirikan tenda ataupun sekedar beristirahat sejenak.

Pos 5
Pos berketinggian 2115mdpl ini ditempuh sekitar 45 menit, sebaiknya hati - hati, karena medannua agak terjal.

Pos 6
Di pos 6 ada 3 undak - undakan disana, kita dapat bermalam disana. Dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan ketinggian 2285mdpl.

Pos 7
Tempat yang cukup untuk mendirikan empat hingga lima tenda dengan ketinggian 2541mdpl. Kita dapat menempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Pos 8
Ditempuh sekitar 1-2jam dengan ketinggian 2876mdpl. Disini bisa didirikan sekitar 2 tenda. Jika kita camp di pos 7, sebaiknya barang - barang ditinggal disana dan mulai mendaki ke puncak. Bawa alat rappeling.

Pos 9 
Ketinggian 3023mdpl. Merupakan batas vegetasi. Dapat mendirikan sekitar 3 tenda di pos ini. 

Setelah itu, kita akan melewati puncak 17, puncak tusuk gigi dan sampailah di puncak sejati gunung raung!

Puncak bendera
Setelah melewati puncak bendera, pendakian akan semakin ekstrim.

Ketika hampir sampai ke puncak, kita akan melewati jalanan terjal, melewati tebing dengan jurang yang sangat curam. Kita membutuhkan alat rappeling untuk menaiki dan menuruni puncak. Yang paling menakutkan adalah ketika menyusuri jurang yang sangat curam, kita akan berjalan dengan cara merangkak karena kanan kiri adalah jurang dan jalan yang kita lewati itu adalah jalan yang sangat sempit. Seperti gambar diatas.
Puncak raung

Gambar pendakian ekstrim gunung raung :
Menggunakan rappeling
untuk menyusuri tebing
Butuh kekompakan dan kerjasama


Gunung raung ini adalah gunung yang masih aktif. Ketika di puncaknya, kita akan melihat kawah yang sangat besar dan menakjubkan.

Itulah pendakian gunung paling ekstrim di pulau jawa. Kalian tertantang untuk mendaki glunung ini?


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon