Pendakian Tercepat Sumbing Via Kaliangkrik

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Sabana bagian dalam puncak sumbing"
Pendakian gunung sumbing via Kaliangkrik ini adalah pendakian yang paling cepat. Dari basecamp butuh, kaliangkrik, sudah mempunyai ketinggian yang cukup tinggi. Untuk mencapai pos 4 yang ada pohon tunggalnya, kita membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam.  Untuk sampai menuju puncak bisa kelelahan. Kami mendaki sumbing via kaliangkrik pada malam hari, sampai di pos 4 pohon tunggal ini sekitar 5 jam karena di perjalanan mendaki mengantuk dan sering istirahat cukup lama juga tidur hampir 1 jam lebih.

Tempat paling asik di Sumbing
Tempat paling asik itu ketika pagi hari di sabana bagian dalam sumbing karena pemandangannya sangat indah yang dikelilingi oleh tebing menjulang tinggi. Di bagian dalam sumbing ini juga ada kawah sumbing dan segara pasir. Segara pasir sumbing ini berwarna putih. Sebenarnya lebih tepatnya ini adalah semacam pasir yang sangat lembut hampir sebesar debu - debu berwarna putih.

Berikut gambar / foto perjalanan kami di sumbing sampai ke puncak rajawali via butuh kaliangkrik.

Pos 4 via kaliangkrik

Puncak Rajawali

Segara Wedi


Sekitar 1 - 2 jam. Kita dapat menuju puncak sejati kaliangkrik. Jika ingin menuju puncak rajawali, puncak tertinggi gunung sumbing, kita harus mendaki lagi. Yang pertama menuruni bagian dalam tebing sumbing melewati sabana bagian dalam sumbing, melewati sebelah kawah sumbing dan kemudian mendaki tebing lagi. Akan terlihat bekas jalan kecil untuk menuju puncak ini karena tidak ada tanda atau plang petunjuk menuju puncak rajawali.

Apa yang diperlukan ketika mendaki Sumbing?
Yang utama adalah perlengkapan komplit, pakai jaket tebal, sleeping bed dan kaos kaki karena biasanya sangay dingin. Pada siang hari pakailah penutup kepala yang rapat karena udara dingin di sumbing jika ada terik matahari sangatlah panas dan tanpa terasa wajah kita akan terbakar. Tutuplah dengan rapat pasa wajah. Usahakan jangan terkena sinar matahari

Dimanakah sunrise terbaik gunung sumbing?
Sunrise paling bagus di Sumbing itu dapat kita temukan di pos 4. Kita dapat melihat sunrise ditemani gugusan gunung ungaran, merbabu, merapi dan biasanya ada kabut yang sedikit menutupi membuat semakin eksotis dan menawan.

Golden sunrise pos 4 via sumbing kaliangkrik
Bagaimana jalan menuju puncak?
Jalan menuju puncak sumbing ini tidak ada puncak bayangan seperti di gunung sindoro via temanggung dan merbabu via selo. Jadi kita tinggal naik terus sekitar 1 jam sampai puncak sejati kaliangkrik dan 1 jam lagi menuju puncak rajawali tertinggi sumbing.

Saran waktu yang tepat mendaki ke sumbing
Sebaiknya mendaki sumbing pada awal musim kemarau agar tidak kehujanan. Jika kehujanan kita akan susah karena pendakiannya cukup lama. Mendakilah pada siang hari. Jika malam hari biasanya kita akan sangat kelelahan




Penulis :
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait

1 komentar so far

nice post
www.openmusik.com


EmoticonEmoticon