Peralatan Paling Utama dalam Pendakian Gunung

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Apasih alat - alat yang paling utama dalam pendakian itu?
Pendakian juga memerlukan alat agar kita tetap aman dan lebih mudah dalam pendakian.

Alat yang perlu kita bawa jika bermalam  satu hari dalam pendakian

1. Tas atau karir
Pakai tas atau karir? Kalau barang yang kalian bawa saat mendaki adalah barang yang ringan, tidak masalah jika memakai tas biasa. Akantetapi jika barang yang kita bawa cukup banyak dan berat. Maka pakailah karir, karena karir lebih membuat ringan barang - barang bawaan. Karir atau tas gunung ini akan membawa beban lebih ringan dua kali atau lebih, daripada menggunakan tas biasa. Maka dari itu, jangan habiskan tenaga kalian menggunakan tas biasa, manfaatkan tas karir untuk membawa beban.

2. Tenda
Tentu saja kita memerlukan tenda jika ingin mendaki dan bermalam di gunung karena disana sangat dingin. Jika kita tidur diluar, kita dapat mati kedinginan. Tentu saja, peralatan tenda ini harus dilengkapi dengan sleeping bed atau istilahnya kepompong, kemudian juga dilengkapi dengan matras.

Dome


3. Perlengkapan diri sendiri (untuk badan)
Nah, ini juga penting. Bawalah jaket yang tebal, kalau perlu bawalah yang  anti air. Di gunung itu sangat dingin, apalagi saat malam hari di musim kemarau. Bawa jaket, kaos tangan, sepatu/sandal gunung dan kaos kaki. Pastikan sepatu dan sandal kalian adalah khusus untuk pendakian.

4. Makanan, minuman dan alat memasak
Biasanya yang sering kita lupakan saat mendadak melakukan pendakian adalah alat masak dan bekal yang cukup. Maka dari itu, ini perlu difikirkan matang - matang sebelum melakukan pendakian. Kita bisa membawa makanan pengenyang berupa roti ataupun mie instan. Minuman bisa 2 botol air 1,5 liter untuk satu oranh dalam pendakian 1 hari. Untuk air wudhu atau kencing, kita bisa tayamum.

5. Alat p3k
Ini juga penting untuk pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan pendakian. Memang kita menginginkan tidak terjadi kecelakaan. Tetapi jangan lupakan perelengkapan penting ini.

Nah, itu beberapa alat paling utama dalam pendakian, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon