Saran nge-camp di Merbabu via Selo

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Camp sabana 2 merbabu via selo"


Dimanakah tempat mendirikan tenda yang nyaman di gunung merbabu via selo?
Saran kami adalah dengan mendirikan tenda di sabana 2. Mengapa mendirikan tenda di sabana 2?

Di sabana dua, kita akan aman dari angin malam ataupun badai karena tertutupi oleh bukit - bukit yang mengelilingi sabana 2.

"Area camp sabana 1"

Untuk mencapai sabana 2 sebaiknya dilakukan pendakian mulai dari pagi hari sekitar jam 10 pagi, agar sampai sebelum maghrib. Kalau mau melakukan pendakian malam hari juga tidak apa - apa, tapi saran saya jangan. Pendakian malam adalah pendakian yang tidak menyenangkan. Biasanya di tengah perjalanan, kita akan mengantuk dan membuat lama pendakian karena kita istirahat dan tidur saat istirahat dalam perjalanan. Jika medannya terjal akan berbahaya, karena kita tidak tahu medan tersebut terjal, kadang membuat kita menjadi tidak hati-hati. 

Dari sabana 2 ini, kita akan sampai di puncak trianggulasi dan kenteng songo sekitar 1 jam dengan medan yang cukup mudah. Oleh karena itu sebaiknya kita ngecamp di sabana 2. Jika ngecamp di pos 3 akan terlalu ramai dan perjalanan menuju puncak dapat memakan waktu yang lama sekitar 3 jam dan pendakiannya malah menyusahkan.

Pos 3 merbabu via selo

Jika dari pos 3, kita akan disusahkan dengan pendakian menuju sabana 1 yang cukup terjal dan susah. Oleh karena itu pendakian menuju sabana 1 sebaiknya dilakukan pada siang hari dan nge camp di sabana 2. Jika memang benar - benar tidak kuat, usahakan kalian nge camp di sabana 1. Jangan sampai nge camp di pos 3 ya pokoknya. Biasanya yang ngecamp di pos 3 itu bakal gak jadi naik ke puncak. Akan terasa lama perjalanan menuju ke puncak jika kalian membuat tenda di pos 3. Di sabana 1, kalian akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan pada pagi harinya. Jika malam hari tidak berkabut, kita akan melihat gemerlap kota seperti seribu bintang. Pada pagi hari, kita juga dapat menikmati sunrise disertai gemerlap kota. 

Jika kalian sudah sampai di sabana 1, maka segeralah kalian membuat tenda di bagian kanan (timur) kalian. Buatlah tenda di bagian atas bukit tersebut. Dari sana itulah kita dapat melihat sunrise dan gemerlapnya kota.

Itulah saran mendirikan tenda di merbabu via selo.




Penulis :
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon