Selo, Pendakian Paling Indah di Merbabu

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Area sabana 1 menuju sabana 2 gunung merbabu "
Pernah mendaki gunung merbabu via Selo? Bakalan nyesel kalau kalian belum pernah mendaki merbabu via Selo.

Mendaki merbabu via selo ini mempunyai banyak bonus pemandangan yang sangat menakjubkan karena kita akan disuguhi oleh dua sabana yaitu sabana satu dan sabana dua yang membentang luas berbukit - bukit dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Nggak percaya? Ini dia foto - foto kami di sabana satu.
Sabana satu merbabu

Sabana 1, tanjakan menuju sabana 2

Kami mendaki via selo dan nge-camp di sabana 1 dengan menempuh 3 jam perjalanan dari basecamp. Saran kami, lebih baik mendaki pada siang hari, karena kalau malam hari kita akan cepat lelah dan perjalanan akan terasa sangat panjang.

Pada pagi hari, kita bisa melihat indahnya sunrise di sabana 1. Di pos 3 juga bisa, tapi kurang bagus.
Sunrise sabana 1 gunung merbabu

Kami berangkat dari base camp sekitar pukul 3 sore dan sampai di sabana 1 pukul 6 lebih. Kami mendirikan tenda, makan, minum, dan tidur. Ternyata kami bangun jam 5 pagi. Padahal rencananya kami akan mendaki ke puncak pada pukul 3 pagi agar bisa mendapatkan sunrise di puncak. Kami pun menikmati sunrise di sabana 1.
Kemudian kami melakukan perjalanan ke puncak triangulasi pada pukul 6, puncak tertinggi merbabu.
Wah, kalian bakal serasa berada di luar negeri ketika menyusuri menuju puncak merbabu. Jika menyusuri pagi hari dari sabana 1 jam 6-an, kita bisa melihat pemandangan menakjubkan sabana 1 dan sabana 2. Sepanjang pendakian menuju puncak ini, medannya sangat mudah dan sangat menghibur.
Sabana 2 gunung merbabu

Beneran deh, saran kami agar kalian mendaki dari sabana 1 ke puncak sekitar pukul setengah 6 atau pukul 6 agar bisa menikmati perjalanan dengan disuguhi sabana yang sangat indah.

Watu lumpang, kemudian ke puncak

Dari watu lumpang menuju puncak

Jalan menuju puncak ini memang menanjak tetapi medannya sangat mudah dan tidak melelahkan, tidak sesulit merapi, sindoro, sumbing. Oleh karena itu, merbabu via Selo ini digemari oleh pendaki pemula. Selain medan yang mudah, kita juga disuguhi oleh pemandangan yang sangat menakjubkan.
Medan ke puncak gunung merbabu


Sampai di puncak triangulasi sekitar pukul 8-an. Jangan lupa, mampir di puncak kenteng songo juga. Dari kenteng songo kita bisa melihat gunung andong, telomoyo, dan ungaran. Selain itu kita juga bisa melihat indahnya rawa pening yang cukuo luas.
Puncak Kenteng Songo

Dari puncak triangulasi kita juga bisa melihat seperti dari kentengsongo ditambah gunung sumbing dan pemandangan pegunungan dieng.
Puncak triangulasi gunung merbabu

Kemudian saat perjalanan turun kembali ke  tenda di sabana 1 sekitar 30 menitan. Kemudian beres - beres untuk  turun kembali ke basecamp. Karena kami ber 4, (saya dan kakak saya, teman saya dan kakaknya), saya dan teman saya kembali ke basecamp dengan cara lari biar lebih cepat dan tidak capek. Kami menghabiskan waktu sekitar 1 jam sampai ke basecamp dari sabana 1.  Itu pun, kami hanya istirahat sekitar 4 kali dengan lama istirahat sekitar 1 menitan, karena jika lama - lama akan membuat kaki menjadi pegal.
Sedangkan kakak saya dan kakak teman saya menghabiskan sekitar 2 jam untuk sampai ke basecamp dengan berjalan cepat.

Mau tanya - tanya? Tanya di Ig official kami : @mountnesia jangan lupa comen di artikel ini juga yak, mari saling berbagi tentang pendakian merbabu via selo :)

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon