Semeru, Penutup Pendakian di Jawa

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Ranu Kumbolo"
Gunung Semeru merupakan gunung favorit dan menjadi gunung penutup untuk para pendaki yang mendaki di Pulau Jawa.
Istilahnya, gunung semeru ini sebagai puncaknya pendakian di pulau jawa. Kalau kita naik semeru, maka kita sudah dapat dianggap sebagai pendaki yang cukup profesional dan merupakan sesuatu yang WOOW bagi para pendaki. Ya ini dikarenakan Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung semeru ini mempunyai ketinggian skitar 3676Mdpl.

Untuk mendaki semeru, sebagai pendakian penutup di Jawa ini kita membutuhkan biaya yang cukup banyak, karena kita harus menginap beberapa hari di perjalanan pendakian untuk sampai di puncak semeru. Selain itu kita juga harus memenuhi syarat pendakian.

Para pendaki di Pulau Jawa biasanya urutan pendakian di Jawa itu adalah mendaki dari merbabu, merapi, sindoro, sumbing, lawu, slamet, baru kemudian mendaki menuju gunung semeru. Ada juga yang melakukan pendakian awal adalah mendaki di gunung - gunung di sekitar daerah para pendaki tersebut. Setelah mereka menyelesaikan pendakian di daerahnya, barulah ia memulai untuk mendaki gunung tertinggi.

Jika urutan dari teman - teman kami, setelah mereka mendaki gunung - gunung yang disebutkan diatas, setelah semeru, mereka akan mendaki ke Gunung Rinjani yang berada di Lombok.

Mahameru by: ig dhita97


Awalan pendakian para pendaki luar jawa yang ingin mendaki di jawa, biasanya mereka akan mendaki merbabu terlebih dahulu, baru gunung - gunung lainnya, hingga pendakian penutup di Jawa, yaitu Semeru. Untuk pendakian menuju gunung prau, andong, gunung yang agak rendah dan waktu pendakian yang memakan waktu 3 hingga 4 jam biasanya jarang didaki oleh pendaki luar jawa yang memang sudah profesional. Mereka lebih mementingkan gunung yang tinggi untuk tantangan dan target pendakian.


Sebenarnya urutan pendakian itu hanya untuk target pendakian agar lebih terorganisasi. Agar jelas, kita bisa mendaki mulai dari gunung di sekitar daerah sendiri, baru mendaki gunung diluar daerah yang terendah hingga yang paling tinggi. Urutan - urutan pendakian tidaklah wajib. Hanya saja kadang ketika mengikuti suatu komunitas, kadang hal ini menjadi kewajiban atau adat komunitas tersebut. Kalau begitu ini bisa disebut sebagai seni mendaki. 

Seni mendaki berurutan dari yang terendah hingga tertinggi seperti pendakian semeru di pulau jawa ini masih ada yang menggunakan hingga saat ini. Pendakian seperti ini akan menjadi kebanggaan tersendiri. 

Itulah beberapa ulasan tentang pendakian semeru, pendakian penutup di pulau jawa.

Yuk follow instagram kami kalau kamu mau berbagi foto - foto pendakianmu atau sekedar melihat - lihat foto pendakian gunung Indonesia di @mountnesia

Penulis :
Instagram @andiakhm

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon