Tips Melakukan Pendakian Satu Hari

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Mendaki gunung juga perlu hal - hal simpel. Berikut ini adalah tips melakukan pendakian gunung selama satu hari.

1. Peralatan pendakian
Siapkan perlengkapan pendakian yaitu sleeping bed dan matras perorang. Siapkan tenda yang cukup, senter perorang, peralatan masak seperti nesting dan kompor gas kecil, bawa peralatan makan seperti gelas, piring plastik dan sendok. Bawalah pisau kecil.

2. Makanan
Makanan untuk satu hari, jika membawa mie, bawalah 2 mie perorang, bawa minuman seperti kopi atau sejenisnya, untuk penghangat bawa jahe anget atau susu jahe. Bawa 2 minuman kemasan botol 1,5 liter perorang. Bawa roti, dan makanan ringan secukupnya. Untuk mie, biasanya dimakan saat malam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah melakukan pendakian dari puncak. Sebelum ke puncak, kita akan makan roti.

3. Siapkan mantel
Ini yang sering dilupakan para pendaki pemula, penulis sendiri pernah mengalaminya karena masih pemula dan belum tahu apa-apa, hehe. Maka dari itu, bawalah mantel, karena biasanya di gunung itu mudah hujan terutama di musim hujan. Mantel juga dapat dijadikan sebagai alas ataupun untuk menyelimuti tenda, hal ini dapat mengurangi meresapnya air kedalam tenda. 

4. Barang berat
Jangan membawa barang berat untuk menghemat energi. Barang berat yang tidak perlu dibawa adalah termos penyimpan panas. Ini akan membuat berat tas kalian. Sebaiknya tidak perlu dibawa. Jangan membawa makanan berat seperti salak ataupun lainnya. Bawalah sedikit saja. 
Jika membawa baju ganti, cukup satu pasang saja, atau membawa 2 baju atau lebih kalau suka selfie dan ingin merasakan beda gaya, yang simpel saja. Kemudian bawa 1 celana ganti. 

5. Tips mendaki ke puncak
Sebelum mendaki ke puncak, biasanya kita akan makan, makanlah roti secukupnya. Jika pendakian puncak hanya 2 jam dari tempat pendirian tenda, dan ada 4 orang, bawalah satu tas dengan isi satu botol minuman 1.5 liter, makanan ringan dan roti. Tinggallah barang - barang berat kalian di tenda. Bawalah barang - barang penting seperti dompet, hp dll yang dirasa penting.
Jangan sampai berada di puncak terlalu siang, karena biasanya berkabut dan matahari akan menyengat wajah kita. Akibatnya wajah bisa gosong dan akan sakit. Jika sudah terlanjur berada di terik matahari, tutuplah rapat wajah kalian, karena wajah mempunyai kulit yang tipis dan sensitif.

Itulah beberapa tips melakukan pendakian dalam satu hari

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon