Trek Arjuno Via Lawang, Jawa Timur

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Via Lawang
Gunung Arjuno memang tidak setenar gunung semeru, akantetapi gunung ini juga cukup asik untuk didaki. Gunung Arjuno ini mempunyai ketinggian 3.339 Mdpl dan cukup banyak juga cerita mistisnya

Untuk pendakian via jalur lawang ini mempunyai 5 pos jika ditambah dengan pos perizinan. Pos 1 adalah kebun teh, pos 2 berupa pepohonan dan sabana. Untuk menuju pos 3 terdapat dua jalur, yaitu jalur kaliandra dan jalur gunung lincing. Perjalanan di pos 4 disuguhi banyak pohon cemara.


Berikut trek pendakian Gunung Arjuno via lawang dari pos pertama hingga puncak:

Jika dimulai dari Malang atau Surabaya, kita dapat menaiki bus dan turun di Pasar Lawang. Setelah itu kita dapat naik ojek menuju pos perizinan di Desa Wonosari.


Pos Perizinan
Dari pos perizinan Desa Wonosari, kita akan dikenakan tarif masuk kawasan hutan raya R. Soeryo sekitar 5000 rupiah perorang.

Pos 1
Dari pos perizinan kita memulai pendakian yang ditempuh sekitar 30 menit. Kita akan berjalan kaki dan menyusuri kebun teh. Pos 1 berada di sekitar kebun teh. Jika beruntung kalian bisa bareng truk pengangkut teh, tapi jarang lewat.
Pos 2
Dari pos 1 bisa ditempuh sekitar 2 jam dengan medan yang agak terjal dengan kemiringan sekitar 30 derajad. Sepanjang perjalanan menuju pos 2, kita akan disuguhi pemandangan berupa pepohonan dan sabana. Kita dapat mendirikan tenda dan bermalam disana. Di pos 2 juga terdapat sumber air yang dapat kita gunakan sebagai perbekalan ataupun keperluan memasak. Tetapi untuk mengambil air, kita harus melewati medan yang cukup susah, sebaiknya membawa air dari bawah saja.


Pos 3 (Pos Mahapena)
Untuk menuju pos 3 mahapena terdapat dua jalur, yaitu jalur kaliandra atau jalur sabana dan jalur lincing.
Jika melalui jalur kaliandra akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan medan jalanan agak memutar dan relatif landai. Jika melewati jalur lincing lebih cepat, hanya membutuhkan waktu 2 jam lebih sedikit. Akantetapi jalur lincing ini medannya lebih terjal dan menanjak. Beberapa jalurnya ada yang kanan - kirinya berupa jurang.
https://www.instagram.com/mahlisugab/
Jalur lincing

https://www.instagram.com/mahlisugab/
Jalur lincing



Pos 4 (Pos Gombez)
Dapat ditempuh dalam pendakian sekitar 2 jam dengan medan yang relatif menanjak. Untuk menuju pos 4 kita akan melewati Alas Lali Jiwo (Lupa Diri) yang berupa hutan lebat. Kawasan inilah yang dianggap para pendaki jalur lawang sebagai kawasan yang ngeri dan cukup mistis. Jika beruntung di area hutan ini kita akan bertemu dengan hewan - hewan seperti elang jawa, lutung dan hewan lainnya.
Setelah melewati alas ali jiwo, kita akan melewati hutan yang dipenuhi pepohonan cemara yang disebut hutan cemoro sewu, disana terdapat pos 4. Kita juga dapat mendirikan tenda disini karena cukup banyak lahan kosong, tetapi tidak ada sumber air.
https://www.instagram.com/rangga.ens/
View Cemoro sewu

https://www.instagram.com/rangga.ens/
Pos 4 gombes

https://www.instagram.com/mahlisugab/
Pos 4 gombes
 Jarak pos 4 ke puncak sekitar 3 jam. Jadi sebaiknya kita melanjutkan pendakian hingga ke lereng puncak gunung Arjuno. Untuk menuju daerah lereng ini kita akan melanjutkan pendakian dari cemoro sewu dengan trek yang cukup panjang dan pastinya sangat melelahkan. Dari lereng puncak, kita dapat mendirikan tenda, untuk menuju puncak dapat ditempuh sekitar 25 menit. Dari sana juga dapat melihat sunrise.
https://www.instagram.com/sii_link/

https://www.instagram.com/yoiki_malang/
Puncak ogal agil

https://www.instagram.com/amin.airul/
Puncak ogal agil

https://www.instagram.com/mahlisugab
Puncak ogal agil


Foto oleh : infopendaki.com

Saran pendakian Gunung Arjuno

- dirikan tenda di daerah dekat puncak, supaya tidak terlalu sulit untuk menuju puncak.

-bawa persediaan air yang cukup.

Jangan lupa follow ig official kami @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon