Waktu Makan yang Penting saat Pendakian

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Pegunungan menoreh"
Saat pendakian, kita perlu memperhatikan waktu makan agar makanan yang kita konsumsi tidak terbuang sia - sia. Seperti apakah waktu makan yang tepat saat pendakian?

Makan Sebelum Memulai Pendakian
Hal ini perlu dilakukan untuk mengisi energi kita ketika melakukan pendakian. Makanlah makanan secukupnya sebelum melakukan pendakian, jangan sampai terlalu kenyang. Setelah makan, tunggulah sekitar 15-30 menit agar makanan terolah didalam tubuh menjadi energi siap pakai, baru mulailah kalian melakukan pendakian.

Makan di sela - sela pendakian
Jika dalam pendakian mulai lapar lagi, maka makanlah makanan seperti roti. Jika saat dalam perjalanan pendakian merasa sangat lapar, jangan terlalu banyak makan. Perut akan sakit atau kram jika diisi oleh banyak makanan. Setelah makan, tunggulah beberapa menit agar diolah oleh tubuh. Setelah makan jangan langsung jalan, kadang ini akan membuat perut sakit atau kram.

Makan sebelum tidur
Ini sangat penting. Sebelum tidur didalam tenda, makanlah terlebih dahulu sampai cukup kenyang, jangan terlalu kenyang. Ini akan menghasilkan energi untuk panas tubuh kita agar tahan terhadap dinginnya udara gunung. Jika kita tidak makan sebelum tidur, ini dapat membahayakan kalian. Bisa saja kita kebablasan meninggal karena kedinginan yang disebabkan kurang energi (makan) saat tidur. Jika perlu, minumlah minuman hangat seperti kopi atau jahe untuk menghangatkan badan. Makanlah makanan pengenyang seperti roti atau lainnya yang mengandung banyak karbohidrat. Jangan hanya memakan makanan ringan saja. Jika sudah memakan makanan ringan juga diimbuhi dengan makanan yang mengenyangkan.

Makan pagi hari
Makanlah setelah bangun tidur sebelum melanjutkan pendakian menuju puncak gunung. Biasanya kita akan makan roti secukupnya. Makanan setelah sampai di puncak biasanya kita membawa makanan ringan dan roti. Sama seperti tadi, setelah makan jangan langsung melakukan pendakian.

Makan setelah kembali dari puncak
Setelah dari puncak, biasanya para pendaki akan memakan mie atau makanan pengenyang seperti kentang/nasi. Dan setelah itu mereka kembali turun melakukan perjalanan. Kemudian istirahat dan makan di base camp pendakian.


Itulah tips - tips waktu makan yang penting saat pendakian

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon