Wisata ke Pulau Padar, Warisan Situs Dunia

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Eksotisme puncak bukit pulau padar
Pulau Padar adalah salah satu Pulau yang berada di Kawasan Taman Nasional Komodo. Merupakan pulau terbesar nomor 3 setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau ini ikut menjadi situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO.

Pulau Padar semakin ngehits dan menjadi bahan pembicaraan oleh pencinta alam maupun wisatawan lainnya karena keeksotisan pulau ini seperti pulau yang dihuni oleh naga dan dinosaurus. Pulau yang tidak berpenghuni dan tidak ada satupun bangunan ini akan menyajikan pemandangan yang sangat kenakjubkan jika anda mengunjunginya.
Pulau tak berpenghuni? Iya memang tidak berpenghuni, disini juga tidak ada komodo kok, jadi aman. Di sekitar pulau ini terdapat pulau kecil yang jumlahnya 4 buah.

Perjalanan Menuju Pulau Padar
Kita bisa menyewa biro perjalanan yang memberi pelayanan trip and tour menuju kesini kalau tidak mau susah.
Menuju puncak

Kita dapat memulai perjalanan menuju Pulau Padar melalui Labuan Bajo. Tempat ini menjadi awal perjalanan untuk keliling di Taman Nasional Komodo. Sebaiknya kita kesana jangan pada terik siang hari karena matahari akan sangat menyengat. Kalau kita kesana siang hari, sebaiknya pakailah sunblock spf sekitar 50spf dan pakailah setiap 3 jam sekali. Dari Labuan Bajo akan menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam dengan menaiki perahu.  Lama banget ya, tapi membosankan? Memang dalam fikiran kita, ini adalah perjalanan yang panjang dan membosankan. Tentu saja tidak, karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan pulau - pulau yang menakjubkan dengan birunya perairan. Kita benar - benar bisa melepaskan kepenatan disini.
Menuju puncak

Setelah hampir sampai di Pulau Padar, perahu kita tidak dapat bersandar di tepian karena banyak karang - karang di tepinya. Jadi kita harus menggunakan perahu kecil seperti sekoci untuk menuju ke tepi pulau.

Pulau padar ini mempunyai banyak bukit - bukit yang curam dan susah didaki oleh manusia.

Sunrise di pulau padar

Puncak Gili Padar
Kita dapat menaiki bukit yang diselimuti dengan rerumputan dan tanah kering. Ketika menaiki bukit ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan kemiringan 45 derajad. Ketika menaiki puncak Gili Padar sebaiknya memakai sepatu ataupun sandal gunung supaya kaki tidak mudah terpeleset. Dari sini kita akan mendapatkan pemandangan berbukit - bukit khas Flores yang amat menakjubkan.
Eksotisme pulau padar


Saran Berkunjung ke Pulau Padar

1. Pakailah sandal gunung ataupun sepatu khusus trip adventure supaya lebih aman dan nyaman saat menjelajah pulau.

2.  Jika berkunjung saat terik matahari, pakailah krim pelindung dari matahari, sunblock dengan minimal 50spf agar wajah kita tidak gosong. Untuk perlindungan utama, pakailah topi atau payung.

3. Biar mudah, pakailah biro perjalanan yang menyediakan fasilitas lengkap, namun membutuhkan biaya yang lebih. Ikutlah hiking trip biar biaya perjalanan lebih murah dan pastikan paket tour itu hanya ke pulau padar saja.

4. Bawalah tongkat hiking untuk mempermudah menaiki bukit.

5. Bawa kamera underwater kalau mau lihat pemandangan bawah laut di area Taman Nasional Komodo.


Tempat Menginap menunu Gili Padar
Kita bisa menginap di Luwansa Hotel ataupun La Prima Hotel. Kalau di Luwansa Hotel bisa melihat indahnya Sunset.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon