Pendakian Gunung Talang, Sumbar, via jalur baru

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Area camp gunung talang, batas vegetasi"
Gunung Talang dengan ketinggian 2597 mdpl ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Desa Batu Bajanjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.
Gunung ini mempunyai pemandangan yang cantik. Gunung ini berjarak sekitar 9 kilometer dari kota kabupaten Solok. Sekitar 40 kilometer dari Padang.

Dengan di bukanya jalur baru, gunung ini semakin menarik banyak pengunjung karena di jalur baru ini mempunyai pemandangan yang sangat apik.

Medan pendakian jalur lama Pendakian dimulai dari desa bajanjang dengan memulai menyusuri rumah - rumah penduduk. Sebelum mendaki sebaiknya siapkan air yang cukup terlebih dahulu karena dalam perjalanan pendakian tidak ada sumber air.

Sampai di pintu rimba kita dapat beristirahat sebentar. Menuju pintu rimba ini kadang jalanannya kurang jelas karena tertutup rerumputan dan semak.


Sepanjang pendakian menuju cadas, kita tidak dapat melihat pemandangan daerah sekitar maupun kota solok karena tertutup oleh semak dan pepohonan.

trek menuju cadas ini juga terdapat vegetasi tanaman berduri. Sebaiknya kita mulai berhati - hati disini.

Jika hujan, biasanya para pendaki membuat tenda di tempat datar di setengah perjalanan menuju cadas. 


Dari cadas sekitar setengah jam, kita dapat menemukan tempat lapang juga. Biasanya para pendaki membuat tenda disini. Kemudian mendaki menuju puncak. Pendakian menuju puncak ini termasuk gampang. 


Pendakian via jalur baru Kanagarian Air Batumbuak, kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Jalur baru air batumbuak ini memiliki  medan yang relatif lebih mudah dan kita akan mendapatkan pemandangan - pemandangan yang bagus. Dari jalur ini kita dapat ngecamp di batas vegetasi.


Sepanjang pendakian dari bawah kita dapat menikmati pemandangan kebun teh yang terhampar sangat luas. Di area kebun teh ini cukup sejuk dan menyegarkan.


Di pendakian ini kita akan melewati yang namanya tanjakan setan, hutan mati dan jembatan neraka. Tanjakan setan ini sangat terjal dan miring lebih dari 70 drajat. Hutan mati cukup memesona hampir mirip dengan hutan mati di salah satu pendakian merbabu. Jembatan setan ini sangat sempit sekitar 50 meter, disamping jembatan adalah jurang dengan belerang panas.


Kebun teh di sepanjang pendakian jalur baru


Pemandangan lain


Pohon - pohon mati di jalur pendakian


Sekitar puncak

Itulah seputar pendakian gunung talang di sumatera barat.





Artikel Terkait


EmoticonEmoticon