Puncak Kuta Malaka, Aceh Besar

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

"Puncak kuta malaka"
Puncak Kuta Malaka ini terletak di kawasan Samahani, kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar. Puncak kuta malaka ini berada dalam bagian jajaran Pegunungan Barisan. Dari puncak ini, kita akan disuguhi dengan pemandangan yang cukup indah.

Jika dari kota Banda Aceh, letak puncak kuta malaka ini sekitar 30km. Kita dapat menjangkaunya dengan mudah karena jalanan menuju puncak ini adalah jalanan aspal mulus yang sangat nyaman. Kita dapat menjangkaunya dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Saran kalau pakai mobil, pakailah mobil dengan dobel gardan untuk melewati medan tanah tersebut biar lebih mantap.

Sepanjang perjalanan di sekitar jalanan aspal menuju puncak ini kita dapat menikmati indahnya pemandangan yang hijau.

Ketika sampai di simpang desa tumbo baro, kecamatan kuta malaka, pada sebelah kanan jalan terdapat jalan raya yang panjangnya sekitar 100 meter. Konon katanya jalan raua ini pernah mau dijadikan kabupaten aceh besar. Tetapi tidak tahu alasannya, mengapa tidak jadi dijadikan kabupaten.

Setelah kita melalui Desa Lam Ara kurang lebih sekitar 1 km, sekitar sejauh 5 km menuju puncak Kuta Malaka akan ada jalanan yang berupa dengan tanah merah, belum di aspal. Jika hujan maka jalanan akan menjadi becek, jika tidak hujan akan berdebu, oleh karena itu cocok kalau pakai mobil dobel gardan.

Jalan menuju puncak, kita akan melewati 4 sungai dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam sekitar 30cm. Sungai tersebut adalah anak sungai dari air terjun.
Disana tidak ada jembatan sehingga kita harus melewatinya langsung.

Setelah melewati beberapa anak sungai, kita akan menjumpai pos untuk petugas tiket. Kita akan dikenakan biaya tiket sebesar 10.000. Di sekitar tempat ini juga terdapat warung - warung yang menjajakan minuman dan makanan.

Selanjutnya kita bebas menikmati pemandangan air terjun maupun puncak  Kuta Malaka. Ketika hampir sampai di puncak ini, kita akan melewati jalan menanjak berkelok - kelok. Tetap hati - hati karena masih berupa jalan tanah.

Setelah sampai di puncak, kita akan merasakan keindahannya. Selamat menikmati :)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon