Gunung PENANGGUNGAN Via Tamiajeng, Pendakian Ke Puncak Pawitra

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Gunung penanggungan yang letaknya berada di dua kabupaten yakni kab. Mojokerto dan kab. Pasuruan. puncaknya yang tandus hampir mirip gunung semeru sering di sebut penanggungan sebagai miniatur semeru. gunung penanggungan memiliki beberapa nilai sejarah, diantaranya petirtaan jolotundo, candi pandawa dll. gunung penanggungan memiliki ketinggian 1653 mdpl, yang memiliki kemiringan hampir 80 derajat ketika mencapai puncak. pendakian gunung penanggungan ini bisa melewati 3 jalur yaitu melalui desa tamiajeng tepatnya di trawas, jolotundo dan juga Ngoro. 
saya akan membahas pendakian penanggungan melalui jalur tamiajeng.

MENUJU POS PERIJINAN
dari surabaya/ malang naik bus jurusan pandaan dari perempatan terminal pandaan ambil kearah tretes/trawas (surabaya kanan, malang kiri) lalu mengikuti arah menuju trawas. desa tamiajeng tidak jauh dari air terjun ndlundung. 
untuk biaya registrasi pada hari biasa dikenakan biaya Rp. 8.000/ per orang
dan hari libur sebesar Rp. 10.000/per orang.

POS PERIJINAN-PUNCAK BAYANGAN
karena di penanggungan tidak ada sumber air maka saya sarankan membawa air minum tidak terlalu mepet. tinggal mengikuti jalur yang ada, jalannya pertama bebatuan lumayan lebar sehingga kalok yang bareng pacar masih bisa gandengan haha. tapi semakin naik jalannya berubah jadi jalan setapak dan bukan batu lagi sih tapi tanah, sehingga kalok pas hujan jadi makin berat soalnya jalanan jadi aliran air dari atas. jadi hati-hati jika melakukan pendakian di musim hujan karna rawan terpeleset. perjalanan menuju puncak bayangan normalnya bisa di tempuh 2-3 jam dengan kemiringan 40-60 derajat dan di sebelah kirinya udah jurang. sebelum sampai puncak bayangan kita juga melewati beberapa pos 3-4 pos (kalo gak salah itung sih). sampai di puncak bayangan kita bisa beristirahat (camp).

Perjalanan menuju puncak bayangan
Puncak bayangan, background belakang adalah
puncak pawitra


PUNCAK BAYANGAN-PAWITRA

untuk menuju puncak pawitra diperlukan waktu sekitar 1- 1 1/2 jam (normal). saya saranin brangkat muncak jam 4 subuh biar dapet sunrise kalok nggak bisa nikmatin sunrise diperjalanan sambil ngliatin gaggahnya Arjuno-Welirang di seberang. tapi buat nikmatin itu juga harus dibayar dengan nafas yang ngos-ngosan karna kita nglewati jalan yang mayoritas batu dan pasir. harus ati-ati banget karena rawan longsor, batu yang nggak kuat buat pijakan kita bisa-bisa ngegelinding ke bawah. jadi kalok ada batu yang ngegelinding lebih baik triak "batu" atau apa lah biar bisa ngasih tau yang di bawah biar minggir dan ati-ati.

Berikut dokumentasi di gunung penanggungan:



Pemandangan dari puncak pawitra

Bersama tim ketika akan turun
"Kayu roboh" tempat favorit untuk istirahat


Kalau mau nanya - nanya tentang jalur pendakian gunung penanggungan via tamiajeng, bisa bertanya kepada penulis.


Penulis      : @Trisna Rach
Instagram : @trisnarachma

Editor         : admin viapendaki
official ig on @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon