Pendakian Marapi Via Koto Baru, Sumatera Barat

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Gunung Marapi adalah gunung yang terletak di Sumatera Barat. Gunung ini masih tergolong gunung berapi aktif.

Penamaan gunung Marapi
Gunung Marapi sendiri adalah nama dalam bahasa Minang yang mempunyai arti "Merapi". Karena kebanyakan orang pada bingung dengan sebutan merapi di jawa tengah dan merapi di sumbar ini, maka kebanyakan mereka akan menyebutnya dengan gunung Marapi agar tidak membingungkan.

Pendakian gunung marapi kali ini adalah via jalur Koto Baru yang terletak di desa Koto Baru.

Pukul 06:00 wib Perjalanan pendakoan dimulai dari pasar koto baru menuju posko pendaftaran pendakian, setelah selesai mendaftar kami memulai pendakian pada pukul 08:00 wib, pada pukul 11:00 wib kami sampai di tempat peristirahatan pertama, dan kami makan siang dan sholat disana. Pada pukul 12:30 kami melanjutkan perjalanan. Namun pada pukul 17:00 kami kembali beristirahat dikarenakan ada salah satu anggota yang mengidap penyakit phobia ketinggian, Asma dan Maag, jadi kami harus perlahan menuju puncak dan memperhatikan kesehatan teman kami, pada pukul 19:30 kami berhasil sampai cadas dan membangun tenda disana. Kami mulai beristirahat untuk memulihkan energi.

Hari kedua sekitar pukul 09:00 wib kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke puncak marapi. Pada pukul 10:00 wib kami sampai di Puncak merapi dan membangun tenda disana. Setelah membangun tenda kami mencari air sambil berfoto - foto di kawah marapi. Jarak antara sumber air dan kawah dari tenda kami harus menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan, dan kemudian kami kembali ke tenda pada pukul 17:00 wib.

Selanjutnya, pada hari ketiga karena pasokan makanan tidak memungkin kan, dan karena salah satu anggota kami menderita penyakit pobia ketinggian, maka kami putuskan untuk turun secepatnya, demi keselamatan teman juga kami semua. Dan akhirnya, allhamdulillah kami sampai dirumah dalam keadaan selamat sehat walafiat. Ini beberapa foto2 waktu di Marapi sumbar 2891_mdpl

Jika hari cerah, kita dapat melihat
view pemandangan gunung - gunung lainnya
dari atas gunung marapi



Pohon - pohon edelweiss yang ada di gunung marapi


Kalo nggak salah sih ada 2 jalur pendakian ke gunung marapi ini, cuma pendaki lebih sering start via jalur koto baru.

Itulah sekilas pengalaman perjalanan pendakian ke gunung Marapi, Sumatera Barat. Semoga bermanfaat, dapat dijadikan sumber refrensi untuk temen - temen.

Jika masih bingung temen - temen bisa bertanya kepada penulis.

Penulis : Randi Trinanda
instagram @randi.trinanda

Editor : admin viapendaki
Instagram official @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon