Pendakian Sumbing Via Garung, Pengalaman

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Pendakian gunung sumbing via garung memang sudah ada cukup lama. Namun jalur pendakian ini cukuplah sepi. Karena pendakian via garung ini cukup sepi, maka jalanannya kurang jelas. Ini adalah pengalaman pendakian gunung sumbing via garung dari ig @ferryhertanto, foto yang masuk daftar repost kami di akun instagram kami @mountnesia.

Sebenernya banyak banget sih kita naik sumbing ini cuman berdua, kita melakukan pendakian via jalur garung. Dimulai dari basecamp sekitar jam 3 dan kita naik ke pos 1 milih naik ojek karna buat nyimpen tenaga di pos - pos selanjutnya. Lebih baik teman - teman kalau mau hemat tenaga juga sebaiknya naik ojek saja. Untuk treking nya mulai dari pos 1 pos 2 sampe pos 3 di sepanjang perjalanan kami di temenin hujan rintik - rintik. Jika hujan, maka jalur pendakian ini pada  jalanannya cukup licin. Jalanan yang licin ini menemani kami di perjalanan. Sepanjang perjalanan terasa milik sendiri karena kita cuman berdua. Perjalanan via garung ini sangatlah sepi. Kami baru nemu temen ketika berada di pos 3 , ketemu temen sama - sama dari Jogja. Dia turun karena kena badai di pestan dan ga nemu jalan lagi akhirnya mereka pada turun sampe pos 3 dan kita ajakin camp bareng sekalian summit bareng pagi nya . Malem nya ditemenin kopi sama mie buat ngangetin badan. Bercanda tawa dengan teman baru sangatlah menyenangkan sehingga suasana semakin seru , dan sampe akhir nya sekitar jam 10 malam kami istirahat. Sampai sekitar jam 1 pagi kita terbangun. Kemudian kita mulai packing buat summit attack ke puncak. Saat jam setengah 2 pagi kita mulai trecking dari pos 3 lewat pestan , pasar watu , watu kotak puncak buntu , di perjalanan temen kita sempet pesimis karena di pasar watu mereka sempet tersesat karna badai , tapi kita berdua tetep optimis past. Akhirnya kami sampai di puncak.

Seperti itulah singkatnya cerita tentang pengalaman perjalanan pendakian gunung sumbing via jalur garung. Sebaiknya kalau lewat jalur garung ini kita berhati - hati karena jalur ini cukup sepi.

Sekedar cerita dari admin viapendaki, salah satu teman kami pernah mendaki via jalur garung pada malam hari. Mereka mendaki sampai di puncak sekitar 12 jam, lama bukan? Iya, karena mereka tersesat. Mereka hanya 2 orang, sama seperti mas ferry tadi. Karena malam hari, saat itu mereka berjalan terus, tiba - tiba mereka kehilangan jalan, tidak ada bekas jalan sekalipun. Karena mereka bingung akhirnya mereka jalan terus ke arah atas. Untungnya mereka tidak terjebak di tebing curam. Setelah menyusuri ke arah atas, mereka sangat kelelahan dan bingung dan mereka pun sampai di atas puncak.

Saran : Sebaiknya mendaki gunung sumbing via kaliangkrik, kab. Magelang

Jangan lupa follow ig kami, share foto kalian di ig kami supaya kami repost di @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon