Badan Sakit Setelah Mendaki Gunung, Mengapa?

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Setelah mendaki gunung biasanya badan kita akan terasa sakit. Semua otot di tubuh rasanya sakit, tetapi rasa sakit tersebut muncul setelah beberapa jam ketika selesai melakukan pendakian. Memang awalnya ketika dalam pendakian naik dan turun ke gunung kita tidak akan merasakannya. Kadang rasa pegal dahulu yang akan muncul terutama setelah melakukan perjalanan turun dari pendakian. Biasanya kaki kita akan terasa lemas dan susah untuk jalan jika kita sewaktu turun dari pendakian dengan cara berlari kemudian malah berjalan. Jika berlari terus ya lari supaya kaki kita tidak lemas. Lalu apa hal yang membuat badan terasa sakit setelah pendakian gunung?

Itu disebut dengan DOMS, kepanjangannya  Delayed Onset Muscle Sorenes. Lalu seperti apa doms itu?

1. DOMS adalah sebuah respon normal terhadap otot rangka yang disebabkan oleh aktifitas berlebih. Semua orang pasti akan merasakannya baik mereka yang merupakan atlet pendaki maupun pendaki profesional, maupun orang - orang biasa yang melakukan aktifitas berlebih semisal kita jarang bermain badminton lalu kita main sampai lama (berlebih) lalu akan mengalami DOMS. Namun intensitas juga durasi DOMS mereka berbeda. Yang sudah sering melakukan aktifitas seperti pendakian, olahraga ataupun lainnya,  maka intensitas maupun durasi dari DOMS sendiri akan akan lebih ringan juga lebih cepat.

2. DOMS ini adalah respon dari tubuh kita yang menandakan kalau otot kita sedang beradaptasi dengan intensitas aktifitas yang lebih berat, tidak seperti hari - hari biasa. Jadi ketika kita menghadapi intensitas aktifitas sejenis lagi, maka otot kita sudah siap karena pernah mengalaminya. Tidak heran ketika kalian melakukan pendakian gunung pertama kalinya, badan kalian akan merasa sakit dan sangat kelelahan. Namun ketika dalam pendakian selanjutnya, kalian akan sudah terbiasa dan yang dirasakan tidak terlalu sakit maupun terlalu lelah seperti sebelumnya.

3. Untuk soreness sendiri berbeda dengan pain. Namun soreness juga merasakan sakit, tetapi kalian masih mampu untuk melakukan aktifitas sehari - hari, walaupun otot - otot kita terasa sakit dan kurang nyaman. Rasa sakit dan pegal ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya walaupun kita beristirahat tanpa menggunakan obat sekitar  3 sampai 5 hari atau lebih.

Pengobatan DOMS jika perlu
Jika kalian ingin mempercepat penyembuhan rasa pegal tersebut, kalian bisa melakukan yang disebut ACTIVE REST. Yaitu mengatur jadwal tidur maupun konsumsi makanan yang dilakukan dengan benar - benar teratur.
Seperti apa prosesnya?

~Lakukan konsumsi makanan teratur 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam.

~Cukupkan dengan 2.5 liter air putih setiap harinya

~Saat mandi, gunakanlah air hangat sekali sehari, ini mampu memaksimalkan proses penyembuhan

~Tidur 8 hingga 10 jam setiap hari

~Melakukan jalan santai pada pagi hari sekitar 30-45 menit.

Itulah sedikit ulasan mengapa kalian sering sakit setelah pendakian dan juga cara pemercepat proses penyembuhannya

Semoga bermanfaat. Jangan lupa follow ig official kami @mountnesia untuk mendapatkan info - info seputar pendakian. Terimakasih


By instagram : dokter petualang
Ditulis ulang oleh Tim VIApendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon