Cara Mengatasi Nyeri Menstruasi saat Pendakian Gunung

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Halo para pendaki, khususnya untuk kalian para perempuan, apakah kalian mengalami nyeri menstruasi atau haid ketika melakukan pendakian atau aktifitas outdoor lainnya?

Jika kalian tahu nyeri menstruasi  tersebut disebabkan oleh kontraksi yang ada pada otot rahim kalian dan ini akan mengakibatkan penurunan suplai oksigen ke dalam jaringan rahim yang disebabkan oleh pembuluh darah yang tertekan oleh kontraksi pada otot. Tentu saja itu adalah hal yang wajar terjadi sebagai seorang wanita, itu karena pengaruh oleh hormonal tubuh kita ketika terjadi haid atau menstruasi.

Meskipun suatu hal yang wajar, tetapi terkadang hal tersebut terasa mengganggu jika kita sedang melakukan aktifitas pendakian maupun survival tentunya.

Baiklah, berikut ini adalah cara untuk mengatasi nyeri saat menstruasi di pendakian :

1. Duduk Bersandar
Yang pertama kalian lakukan adalah dengan cara duduk bersandar. Kemudian coba tekuk kedua lutut kalian. Hal ini bertujuan untuk merilekskan otot - otot pada bagain perut.

2. Kompres Perut
Selanjutnya lakukan kompres pada area perut kalian di bagian bawah menggunakan air hangat. Sebelumnya jangan lupa ketika akan melakukan pendakian, pastikan untuk persiapkan termos kecil sebagai wadah air hangat tersebut. Jadi kita tidak perlu memasak air hangat di perjalanan jika nyeri terjadi. Kompres ini berfungsi merangsang pembuluh darah yang ada dalam rahim agar terbuka dan untuk memberi rasa yang nyaman di perut.

3. Minum Jahe Hangat
Sediakan minuman jahe. Minumlah air jahe hangat yang berguna untuk mengahangatkan tubuh kita. Jahe adalah obat herbal yang mengandung curcumin, ini baik dalam melancarkan peredaran darah pada tubuh kita. Selain jahe atau alternatifnya adalah bisa menggunakan teh hangat. Akantetapi sebaiknya pakai jahe saja.

4. Pernafasan
Cobalah untuk menarik nafas yang dalam dan teratur. Ini dilakukan agar oksigen yang kita hirup semakin banyak. Setelah itu fokuskan dan tenangkan pikiran kalian.

5. Patuhi Larangan Konsumsi
Pastikan ketika menstruasi terjadi hindari untuk mengkonsumsi rokok, minum kopi dan juga alkohol. Konsumsi ketiga hal tersebut bisa menyebabkan semakin menyempitnya pembuluh darah pada rahim. Hal itu akan membuat kita semakin nyeri.

6. Obat - obatan
Oh iya, kalau kalian punya obat anti nyeri, seperti parasetamol, asam mefenamat dan ibuprofen. Minumlah 1-2 tablet, setelah makan, atau sesuai petunjuk dokter. Jangan lupa untuk selalu sediakan obat tersebut di ransel p3k kalian sebelum melakukan perjalanan.

7. Olahraga harian
Antisipasi harian agar tidak kalian terlalu nyeri saat haid. Kita dapat membiasakan melakukan olahraga yang rutin setiap minggunya hingga 5 sampai 7 kali. Menurut penelitian, olahraga yang rutin dapat menurunkan intensitas nyeri ketika terjadi menstruasi.

Okee para pecinta alam. Hal ini bukan hanya ditujukan untuk wanita saja, tetapi  para laki - laki juga harus tahu. Ini agar kalian bisa membantu teman kalian yang mengalami menstruasi parah di pendakian.

Mungkin cukup sekian tentang pembahasan cara mengatasi haid/menstruasi di pendakian atau aktifitas luar lainnya. Semoga dapat membantu. Salam lestari

By instagram : dokter petualang
Ditulis ulang oleh Tim VIApendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon