Dampak Mendaki Gunung saat Puasa

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA



Terkadang di bulan puasa kita yang haus gunung, tentunya tidak dapat menahan untuk melakukan pendakian. Di hari puasa pun akan kita lakukan. Namun apakah pendakian gunung di bulan puasa atau saat puasa akan menyebabkan suatu dampak pada tubuh kita? Lalu dampaknya apa saja?

Dampak yang paling ditakutkan adalah jika kita kehilangan cukup banyak cairan tubuh dan tanpa diganti oleh cairan yang masuk dari minuman, ya karena kita kan lagi puasa jadi nggak boleh minum ataupun makan. Lanjut, saat kita berjalan mendaki, cairan akan hilang lewat keringat. Kemudian ketika kita beristirahat ditenda atau dalam keadaan diam seperti tidur, maka cairan akan hilang lewat urine, padahal kita tidak diboleh untuk makan ataupum minum. Jadi, kita lebih rentan untuk terkena dehidrasi.

Ketika kita mengalami dehidrasi, maka kita akan mudah untuk cepat lelah, mengalami kram otot, heat stroke, mengalami pingsan, kadang menyebabkan shock yang disebabkan oleh kekurangan pasokan darah ke organ tubuh terutama pada otak kita. Tentu saja ini akan membahayakan nyawa kalian.

Baca juga :
Apa itu Head Stroke? Bagaimana Cara Penanganannya?

Memang, dalam fikiran, kita bisa melakukan pendakian ketika malam hari, ataupun saat sore menjelang akan buka puasa. Namun kegiatan siasat pendakian tersebut, menurut beberapa hasil penelitian menunjukan kemampuan dan stamina manusia yang berpuasa itu memang akan menurun drastis. Pada kekuatan otot dan kemampuan tubuh untuk bertahan pada suhu rendah juga akan menurun.

Jadi, sebaiknya ketika berpuasa di bulan ramadhan maupun puasa hari - hari lain,  kita bisa libur pendakian juga ya. Kita berpuasa di bulan ramadhan hanya 1 bulan saja. Untuk hari - hari dan bulan lainnya (11 bulan) bisa kita manfaatkan untuk melakukan petualangan. Ketika bulan ramadhan datang, yuk mari kita maksimalkan ibadah kita kepada Sang Pencipta alam semesta ini.  Jangan lupa perbanyak ngajinya dan sebagai pencinta alam, jangan lupa juga untuk selalu berbagi dalam kebersamaan.

Yak, itu sepenggal artikel tentang dampak puasa terhadap pendakian gunung maupun aktifitas outdoor lainnya yang berhubungan dengan hiking (jalan kaki). Terimakasih.

Penulis :
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon