Gunung Guntur Via Cikahuripan

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Pada tanggal Jumat 05-mei-2016 saya dan kawan kawan melakukan pendakian gunung Guntur via cikahuripan tepatnya di Kampung Dukuh Desa Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Ketinggian Gunung Guntur ini kurang lebih 2.249 mdpl. Rute perjalanan saya berangkat dari Bandung ke base camp Gunung Guntur sekitar 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di base camp saya dan kawan kawan melakukan pendaftaran terlebih dahulu tariff pendaftaran sekitar Rp.15.000 per orang.

Perjalanan dari kaki gunung sekitar pukul 19:00 WIB, dimulai dengan menulusuri jalan datar berbatu menuju pos awal. Setelah sampai pos awal saya dan kawan" mengistirahatkan sejenak lelahh sebelum pendakian yang sebenarnya di lakukan, Gunung ini cukup extream sebenarnya dan tidak di sarankan untuk pemula. Pendakian cukup terjal memang karena tidak di buatkan rute khusus untuk ke puncak.

Saya pun melanjutkan kan perjalanan dari pos satu ke pos 2 pendakian di saat perjalanan kita melewati sungai dan melewati track berbatu yang dapat membuat nafas anda ter engah engah untuk menaklukkan an track tersebut agar bisa sampai di pos 2 pendakian. Hati hati track batu nya cukup licin dapat membahayakan keselamatan kalian. Waktu perjalanannya dari pos 1 ke pos 2 dua kurang lebih sekitar 2 jam lamanya. Kami pun memilih untuk istirahat' di pos 2 agar tenaga bisa kembali terkumpul untuk melanjutkan kan perjalanan ke pos 3 memang sih jarak pos 2 ke pos 3 tidak terlalu jauh. Sambil istirahat tak mau terlewat kita pun berfoto sejenak hehe

Waktu sudah menunjukan pukul 23;00 WIB. Kami memutus kan untuk melakukan perjalanan.Track perjalanan ke pos 3 tidak begitu sulit cukup landai. kami akhirnya tiba di pos 3 pada pukul 23:45 WIB. Eits ingat sebelum memasang tenda lakukan terlebih dahulu untuk melapor kepada petugas yang sedang berjaga di pos 3. Akhirnya kami pun memutuskan untuk  memasang tenda pada pukul 00:00 WIB .

Wuh dingin,masak mie, lumayan jadi sedikit hangat, Sambil cerita cerita dulu sebelum menjelang tidur. Pukul 01:00 malam kita tidurr.

Pagi menjelang pukul 08:00 pagi hari cuaca nya cukup cerah,kita sudah terbangun untuk menuju ke puncak.
Hati hati tersesat karena di tengah jalan sudah ditutupi kabut sehingga kita tidak bisa melihat teman yang jauh di depan kitaa, jaga jarak padaa saat melakukan pendakian agar bisa saling tolong menolong untuk sampai ke puncak.
Lanjut pantang menyerah menuju puncak. Jalan sudah cukup terjal dan berbatu. Sempat beberapa kali istirahat dulu untuk minum dan menunggu anak anak yang tertinggal di belakang.Perjalanan kita menuju puncak kurang lebih sekitar 5 jam perjalanan.

Cukup aneh juga,seharusnya di puncak gunung kan dingin,tapi di puncak Guntur ini kami kepanasan , karena memang gunung Guntur ini termasuk gunung aktif jadi kita bisa merasakan panasnya isi gunung ini. Wuah,indahnya pemandangan alam di atas gunung dengan cuaca cerah seperti ini.
Ig @azmansyakur10







Masih kepo tentang Gunung Guntur via Cikahuripan?

Tanya jawab disini
Penulis : instagram @azmansyakur10
Editor   :  viapendaki

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon