Lawu via Cemoro Kandang Start Jogja

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Berikut ini adalah pengalaman pendakian gunung lawu via cemoro kandang.

Start jogja - basecamp cemoro kandang
Saya berangkat dari jogja menuju basecamp pendakian gunung lawu (via cemoro kandang) sekitar jam 8 malam dan sampai sekitar pukul 12, sesampainya di basecamp mengisi identitas dll dan ada larangan - larangan yang harus ditaati oleh para pendaki diberitahukan oleh pihak basecamp. Membayar (10rb/org) ( kalo ngga salah. lupa hehe) dan kami tidak langsung naik jadi menginap dulu di basecamp.

Lawu via jalur cemoro kandang, area basecamp

Pendakian dari basecamp - pos 1
Paginya sekitar jam 8 kami mulai naik dan jangan lupa berdoa dulu sebelum memulai perjalanan. Jarak dari basecamp ke pos 1 lumayan jauh tapi rute masih tanah. Di pos 1 juga terdapat warung yang berjualan minum dan makanan.

Pos 1 ke pos 2
Kemudian Melanjutkan perjalanan sampai ke pos 2 (tamansari atas) kondisi kabut melalui jalan kanan kiri pohon dg kondisi kering. Sepanjang pos 1 ke pos 2 ada jalanan menanjak tetapi tidak terlalu berat medannya.
Pos 2

Pos 3
Didekat pos 3 terdapat mata air yg dapat digunakan apa bila kehabisan stok air minum.

Pos 4
Dari pos 3 ke pos 4 ini rutenya berat naik terus dan tanahnya yang licin. Sampai di pos 4 kami memutuskan untuk membangun tenda karena kondisi yg sudah lelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 11 jam.

Pos 4 - puncak
Pagi nya setelah sarapan kemudiaan melanjutkan perjalan ke puncak dan tidak membawa apa - apa, tenda masih berdiri di pos 4. Dari sini mulai rute jalannya bener - bener harus hati - hati karena kondisinya yang naik dan berbatu dan akhirnya setelah kurang lebih dua jam perjalanan  sampai juga di puncak hargo dumilah 3265mdpl. Alhamdulillah..

Dokumentasi puncak

Warung legendaris mbok Yem

Dokumentasi lainnya

Kembali ke basecamp
Yaaaaa cukup lama kami dipuncak kemudian turun menuju warung mbok yem yang berada dekat dengan puncak. Tapi belum beruntung disaat kami kehabisan stok air di tempat mbok yem pun juga sudah habis akhirnya teman saya mncari mata air yang berada lumayan jaraknya dengan tempatnya mbok yem. Oya sebelumnya kami punya teman baru yg dari awal pos 2 bertemu dan akhirnya naik bersama sampai puncak dan rombongan kami dibantu oleh mereka pada saat kami kehabisan air di puncak sebelum teman kami mencari mata air. Setelah itu kami Memutuskan untuk turun dan mengemas barang - bareng untuk menuju kembali ke basecamp lagi tak lupa kami membawa turun sampah yg kami bawa. Alhamdulillah tidak ada halangan apapun selama perjalanan pendakian gunung lawu.

Saran pendakian lawu via cemoro kandang
Bawa saja obat - obatan, logistik yang cukup, bawa jaket khsusus pendakian.