Pendakian Mt. Sindoro Via Kledung, Temanggung

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Pendakian via Jalur Kledung ini tepatnya berada di Desa Kledung, Kabupaten Temanggung. Akses Menuju kesana cukuplah mudah karena basecamp kledung ini berada di pinggir jalan raya.

Begini ceritanya,
Pendakian dimulai dari malem rabu tgl 04 mei 2016 mempersiapkan segala keperluan dalam pendakian malam sebelum pemberangkatan , ditambah si Bos suruh masuk kerja gak bisa cuti karena cuti udah habis, jadi pasrah masuk kerja dulu izin masuk setengah hari pikirku. Alhasil si bos menyetujui nya sampai Jam 16.00 wib, okeh langsung pulang ke kosan karena aku anak rantauan yaa pulang ke kosan hehehe. Setiba di kosan langsung prepare mulai dari mandi ,sholat , makan dan  cek ulang perlengkapan pendakian. Kebetulan mendaki kali medannnya, ketinggian pun cukup menguras tenaga Mt.Sindoro 3153 mdpl . Cukup basa-basinya , pendakian kali ini bersama 3 kawan ku yang notabene semuanya laki-laki.

Okeehh ,, Jam 16.00 aku bersama mereka langsung menuju Terminal Klari-Karawang Jawa Barat. Setiba disana kebetulan juga karena besok hari libur nasional , otomatis teriminal penuh oleh manusia, termasuk banyak para pendaki yang akan mendaki entah kemana karena yang diliat tas carrier di punggung mereka udah kaya kulkas semuanya. Heheheh.

Setelah menukarkan kwitansi booking bis dengan tiket bis, oowh nya tiket bis pas hari libur Naik biaanya 80.000 eehh naik jadi 150.000 Karawang-Wonosobo , efek liburan panjang biasanya. Demi apapun okelah kan bisa tidur di bis sambil ngadem kelas eksekutif. Hehehe ( oopps bangga. Berangkat jam 17.00 akhirnya molor , akhirnya kami ber4 memutuskan untuk shalat magrib. Akhirnya bis pun datang dan ekspesi yang kita lihat ,,, oooomaaayy , bis kelas eksekutif apaanya yang ada kelas ekonomi yang ada AC, ok PO yang ini udah di black list dalam daftar perjalanan, daripada ngedumel masalah bis, abaikan kita lansung saja berangakat. Alhasil jalur pantura Alhamdulillah lancer, jam 23.30 kami rest di daerah berebes, kemudian dilanjutkan kembali perjalannyan dan kami sampai di terminal Wonosobo Jam 07.00 pagi, langsung cari tempat makan untuk masalah makan di Terminal Wonosobo cukup terjangkau dari 10.000  20.000,-. Setelah cukup beristirahat selanjutnya kita langsung berangkat ke Desa Kledung-Wonosobo dengan mengendarai Tiger (Bis Tiga Perempat) ongkos cukup murah hanya 10.000,-/orang.

Perjalanan dari Terminal Wonosobo - Desa Kledung, kab. Temanggung memakan waktu 45 menit- 1 Jam, dan akses perjalanan kesana pun mudah. Jam 09.00 tepat kami sudah sampai di basecamp Grasindo Mt.Sindoro. Kami sebelumnya punya rekan di Grasindo namanya Kang Upin , jadi kami pun mudah mendapatkan informasi untuk pendakian. Kemudian kami daftar registrasi tiap orang cukup bayar 10.000 (sudah termasuk asuransi jiwa) dan Peta Jalur pendakian.

Jam 09.30 kami menyiapkan keperluan kembali dan menata ulang perlengkapan, karena di Mt.Sindoro Sumber Air Tidak Ada, maka pembekalan Air kami bawa cukup lumayan banyak , tiap orang hampir 3-4 liter. Jam 10.00 wib kita pun meeting point sebelum pemberangkatan, setelah mendapatkan informasi jalur pendakian  dari Kang Upin, akhirnya kami pun Siap berangkat.

Perjalanan dari Basecamp ke Pos 1.(1600 mdpl)
Perjalanan di mulai Jam 10.15 dimana didepan basecamp berjajar Ojek Race, bukan Go-Jek nya. Ojek Race ini 24 Jam Siap mengantar pendaki dari basecamp ke pos 1 atau pun sebaliknya , harga yang di tawarkan hanya 15.000/orang.
Kami berempat tidak menggunakan ojek , jadi kami memilih untuk berjalan kaki dari basecamp ke pos 1. Jalur dari basecamp ke pos 1 , pertama kita berjalan di antara rumah-rumah penduduk kurang lebih 10 menit untuk mencapai jalur ladang penduduk, jalan ladang yang dilalui sudah tersusun rapih hanya saja jalur ini lumanyan panjang. Jarak yang ditempuh dari pos ladang ke pos 1 sampai dengan 45 menit.. Akhirnya aku menyerah di pertengahan jalan ladang yang panjang , aku paksakan naik ojek race , tetapi 3 teman saya masih melanjutkan perjalannanya. Hehehe akhirnya sampai di pos 1. Sampai menunggu teman yang masih di jalur ladang, aku meyempatkan untuk istirahat sejenak.

Pos 1 menuju Pos 2  (2120 mdpl)

Akhirnya teman-teman yang lain sudah sampai, 15  menit kami rest kembali. Jam 11.45 kami pun mulai melanjutkan perjalanan , awal perjalanan mulai sedikit menanjak, kemudian ada landai 10 menit kemudian langsung di suguhi jalur menanjak, tiada taraa menyayat hati (lebayy )aahahaha.
Tanjakan dan tanjakan kami lalui , dan hari itu awan mendung kabut mulai menampakan keberadaanya. Kami pun terus melangkah setiap tanjakan dan ngebut ketika medapat jalan landai. Jalur ini masih terdapat vegetasi pohon-pohon pinus dan sejenisnya.

Medan menuju pos 2

Jam 12.35 kami akhirnya samapi di pos 2 , sepanjang perjalanan kami bertemu dengan para pendaki lainnya, karena saya sendiri cewenya jadi saya yang Fotonya.hehehe. Dipos 2 ada shelter untuk istirahat, dan akhirnya kami pun rest di pos 2 karena kabut turun dan gerimis pun mulai datang. Lumayan waktu yang kami tempuh sekitar  0,87 jam -1 jam.
Shelter pos 2, taken by Cahya

Perjalanan Pos 2 menuju Pos 3 (2530 Mdpl)

Setelah gerimis reda kami pun melanjutkan perjalanan  dari pos 2 ke pos 3 dengan trek menajak dan jarang bonus landainya.heheheh, selama perjalanan ooooowwwooww,, Hujaaaannn ,, tidaakk . akhirnya kami pun melakukan perjalanan dengan diguyur hujan ringan, sesekali kami harus berhenti akibat hujan yang turun makin lebat padahal baru jam 13.20 wib jarak pandang luamyan terganggu, perjalanan pun makan lama makin menanjak dari pos 2 ke pos 3 kami tidak bisa berfoto akibat hujan. ..*takut kamera rusak ...aassstedjigg abaikan.. okeh lanjutkan., perjalanan menanjak terus vegetasi yang kami temui sepanjang perjalan ini  semak belukar. Perjalanan bisa 1 ,5 jam -2 jam.

Jam 14.35 sampai lah kami di pos 3 , wooowww ternyata diluar dugaan kiraaiin masih kosong lahan mendirikan tenda,, ternyataa udah penuh saja hampir ada 20-30 tenda sudah berdiri di pos 3 dan menyebar. Catatan Grasindo sudah membuka lahan baru yang cukup luas untuk mendirikan tenda kapasitas bisa menampung 50-60 tenda, jadi jangan takut tidak kebagian tempat mendirikan tenda.

jalur menuju pos 3

Puncak belum terlihat di pos 3  Taken by cahya

Jam 15.35 tenda kami pun berdiri , selanjutnya kami isoma (istirahat, sholat kemudian makan) setelah melaksanakan itu semua jam 15.50 kami menikmati keindahan yang Tuhan ciptakan. Dan masih tetep jadi juru Foto  para lelaki itu semuanya (...
Inframe Gie & Rival Background Mt.Sumbing di Pos 3 Mt.Sindoro

Inframe Mt.Sumbing di Pos 3 Mt.Sindoro

Perjalanan Pos 3 Ke Pos 4 (Puncak 3153 mdpl )

Selamat pagi ,,,semangat pagi Jam 05.05 Summit ke puncak sindoro , setelah melaksanakan sholat subuh. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke puncak sindoro .

Perjalanan  dari pos 3 ke puncak harus melewati Hutan Lantoro I , jalur yang dilalui menanjak seperti biasanya, kadang disitu saya berpikir bawa lift apa lah apalah ,, sudah abaikan .. oke lajutkan perjalan dari pos 3 ke hutan lantora kurang lebih 0,5 jam..akhirnya selfie sendiri ahahhhaa...oke abaikan..
Inframe cahya background pos 3 & Mt. Sumbing

Selanjutnya perjalanan dari hutan lantoro I ke Batu Tatah...
Jalurnyaaa wowowowowowo nanjakk terussssss....perjalanan yang ditempuh dari Hutan Lantoro I ke batu tatah sekitar 1/4  Jam .

Perjalanan selanjutnya Hutan Lantoro II , tetep jalurnya masih nanjak , landai dikit adaaa sih...perjalanan yang bisa ditembuh kurang lebih 0,5 jam.

Perjalana disambung ke dataran luas dimana padang edelweis menanti, hanya saja edelweis di Sindoro yang kami lewati tidak seperti di Mt.Papandayan belum berbunga dan jarak antara pohon yang satu sama yang lain jauuuuhh banget ,..hehehe..

InFrame Mt.Sumbing dari Mt.Sindoro

Selanjutnya perjalanna kami lanjutkan dari padang edelweis mencapai puncak .jalan masih menanjak , vegetasi hanya ilalang yang kami lihat dan rumput hanya pohon-pohan yang bertahan di ketinggiaan 3000mdpl.
Puncak sedikit lagi sampai udah di depan mata , ternyata 3-4 bukit untuk mencapai puncak kami lewati ..
Inframe cahya background puncak mt.sindoro

Sedikit lagi hayooooo semangat mencapai puncak ......Tetep nanjak kan nyampe puncak jugaaaa,,, di puncak tidak boleh lama-lama max jam 10 pagi sudah harus turun karena dikhawatirkan adanya Gas Beracun yang keluar dari Kawah. Karena Mt. Sindoro merupakan Gunung Berapi Aktif. 2 kawan lagi sedang nyari foto senidiri-sendiri jadi foto berdua sajja sama patner sejati pendakian...hahahay (so sweet).
Inframe : Cahya & Gie background kawah Mt.Sindoro
Inframe : Cahya Puncak Mt.Sindoro
Inframe : Gie,Cahya,Val, Mail Puncak Mt.Sindoro

Akhirnya lengkap juga ni personilnya.. setelah itu kami pun melanjutkan pulang karena aturan tetep harus di ikuti jangan pernah di langgar apapun itu.
Perjalan dari pos 3 ke puncak kurang lebih 2 jam,,, okehh saatnya turun dari puncak ke pos 3. Perjalan dari puncak ke pos 3 sangat lah singkat maklum jalan turun semuaaa ,,eeeh maksudnya jalannya menurun, kalau turun semua mah apanya ,,taauu aah gelap..lanjutkaan,
Selama perjalan turun jam 10.15 , kabut mulai menampakan wujudnya,, asep-asep begitu , saat turun tercium bau belerang yang lumayan menyengat, langkah kami pun dipercepat , melewati hutan lantoro sampai batu tatah , kabut mulai menebal. Jarak pandang pun mulai tidak terlihat kami pun memutuskan untuk berhenti sejenak.
Kabut Tipis mulai menampakan dirinya

Inframe cahya diantara para kabut

Akhirnya kami pun sampai di pos 3 dengan sedikit baju basah karena uap air yang dibawa oleh kabut tersebut yang menyebabkan hujan ringan dari hutan lantor ke pos 3. Lama perjalanan turun hanya membutuhkan waktu 1-1,5 jam. Setelah sampai di tenda kami pun prepare untuk perjalanan pulang setelah isoma terlebih dahulu jam 14.15 wib pembongkaran tenda, dan cuaca pada saat itu hujan lumanyan deras. Sekitaj jam 15.00 kami pun turun.

Dengan kondisi trek  menurun bebatuan yang basah dan tanah merah yang licin , turun dari pos 3 ke pos 1 hanya membutuhkan waktu 2-3 jam saja. Sampai di pos 1 di suguhkan dengan pemandangan penduduk yang berjualan batagor race,dll. Karena waktu sudah magrib kami segera bergegas ke bascamp untuk laporan selesai pendakian. Alhamdulilah , sebelum meanjutkan perjalan pendakian selanjutnya Tgl 07 Mei 2016 kami pamitan pada Kang Upin di bascamp. Itulah pengalaman pendakian Gunung Sindoro Via Jalur Kledung, Temanggung. Semoga bermanfaat.

Inframe Cahya & Gie pamitan di bacamp

Jangan jadikan puncak sebagai tujuan , tetapi tujuan paling utama yaitu pulang dengan selamat.
Jadikan setiap langkah yang kalian pijak dimana pun jadikan pembelajaran bagi pribadi yang lebih baik ~Cahya
Salam Lesatari.....

Note :
Simpan dan jaga baik-baik barang berharga yang dibawa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika saat pendakian dimana pun berada.

Masih penasaran tentang pendakian sindoro via kledung? Dapat melakukan tanya jawab bersama penulis.