Sumbing Via Garung, Wonosobo, Jawa Tengah

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Pendakian gunung sumbing via jalur Garung ini berada di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
Gunung sumbing ini masuk dalam 3 kabupaten yaitu wonosobo, magelang dan kabupaten temanggung.
Pendakian sumbing mempunyai beberapa jalur, ada beberapa jalur baru juga. Jalur pendakian sumbing jalur Garung yang ada di Wonosobo, sumbing via Cepit, Temanggung, sumbing via Mangli di Magelang, jalur via kaliangkrik ada di Magelang dekat dengan jogja, jalur via bowongso. Kali ini yang akan dibahas adalah pendakian sumbing lewat jalur Garung. Berikut ceritanya :

Naik kereta dari Stasiun senen - Jogja
Perjalan saya di mulai  ke stasiun senen, dari stasiun senen saya naik kereta berangkat ke stasiun lempuyangan (jogja) disana saya ketemu sama temen yang mau naik bareng. Stasiun Lempuyangan ini adalah stasiun terdekat dari pendakian gunung Sumbing, Sindoro, dan lebih dekat dengan Merapi, Merbabu.

Stasiun Lempuyangan Jogja - Basecamp Garung, Wonosobo
saya berangkat dari jogja ke wonosobo naik motor, sampai ke basecamp (Garung basecamp) langsung registrasi, biaya 30 ribu berdua, termasuk uang parkir dan dapet map + sama tempat sampah.

Pendakian dari Basecamp Garung  - Pos 1
Saya mendaki sekitar jam 6 sore trek dari basecamp ke pos 1 sangat jauh sekitar 3,5 km treknya nanjak terus ga ada landainya. Sebaiknya kalau ndaki siang hari ada ojek, lebih baik naik ojek saja untuk menghemat waktu dan tenaga. Tarif ojek perorang sekitar 25 ribuan. Tapi bagi saya gak seru kalau naik ojek karena jadi nggak menantang. Lanjut, sampai di pos 1 sekitar jam setengah 9, karena peralatan tidak lengkap saya memutuskan untuk tidur dulu di pos 1.

Pos 1 - pos 2 - pos 3
Jam 3 saya melanjutkan kembali perjalanan, trek dari pos 1 ke pos 2 adalah tanah yang licin, setelah pos 2 ada tanjakan yang menguras tenaga, biasa disebut sebagai tanjakan engkol - enfkolan, waktu itu keadaannya juga sangat licin sekali, sampai berapa kali saya jatuh.

Sekitar jam 6 pagi saya sampai di pos 3, saya bangun tenda dan masak mie untuk tenaga ke puncak,  sama temenku edwin berangkat jam 7, saya cuma bawa minum satu liter, nah saya juga ketemu pendaki lain yang kehabisan minum, akhirnya saya bareng tuh sama pendaki yang kehabisan minum,trek dari pos 3 ke pasar watu sekitar satu jam, jalan nya curam banyak batu2an, baru dari pasar watu ke watu kotak sekitar 1jam lebih lah, disni hanya berapa meter doang yg landai, yang lain nya batu plus nanjak curam, dari watu kotak ke puncak lebih parah lagi  udah nanjak, batu nya besar - besar lagii kalo udah sampai tulisan puncak kawah kanan puncak buntu lurus baru deh dapet bonus itupun sedikit kwkwk nah mau naik ke puncak nya sekitar 5 meter lah.




Saran pendakian via garung
~Saran nya sih kalo mau ga terlalu di kuras tenaga nya naik ojek ke pos 1, di pos 1 ada warung juga.
~Nah ndaki malem lebih enak tuh sekitar jam 11 biar sampai watu kotak bisa dapet view bagus
~Untuk saran sih, ngecamp enak di pos 3 kalo ga di pestan
~ Jangan mendirikan tenda di watu kotak, bahaya angin badai.
Itulah sekilas pengalaman pendakian gunung sumbing via jalur garung, wonosobo, semoga bermanfaat!


Penulis
instagram @ricochristiaan

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon