52 Tanaman Liar Yang Bisa Dimakan di Hutan

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Berikut adalah 52 jenis tanaman liar yang bisa dimakan ketika tersesat di hutan atau pendakian gunung untuk bertahan hidup.

Sangat penting mengetahui tentang tanaman liar sebelum mengkonsumsinya. Dikutip dari wakingtimes.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita makan di hutan.

Kita semua tahu mana sayuran dan buah-buahan yang aman untuk makan, tapi bagaimana dengan tumbuhan liar lainnya?

Jika Anda tersesat, mungkin tanaman liar ini bisa dijadikan makanan untuk survival Anda :

1. Blackberry - Rubus fruticosus

Banyak buah liar yang tidak aman dikonsumsi, yang terbaik adalah untuk menjauh dari mereka. Tapi blackberry liar adalah 100% aman untuk dimakan dan mudah untuk dikenali. Mereka memiliki cabang merah yang memiliki duri panjang yang mirip dengan mawar, daun hijaunya yang lebar dan bergerigi. Gampang ditemukan pada musim semi saat bunga putih mekar, mereka berkerumun di sekitar semak-semak. Buah matang sekitar Agustus sampai September.

2. Dandelion

Yang paling mudah untuk dikenali, di gunung yang ada di Indonesia juga cukup banyak. Di musim semi mereka menunjukkan tunas bunga kuning cerah mereka. Anda bisa makan saat mentah atau memasak mereka untuk menghilangkan rasa pahitnya, biasanya pada musim semi tanaman tersebut tak terlalu pahit. Mengamdung Vitamin A dan Vitamin C, dan beta karoten.

3. Asparagus (lumut) - officinalis Asparagus

Sayuran yang ada di alam liar di sebagian besar Eropa dan bagian Afrika Utara, Asia Barat, dan Amerika Utara. Lumut liar atau asparagus liar memiliki tangkai lebih tipis. Ini adalah sumber besar sumber vitamin C, tiamin, kalium dan vitamin B6. Kita bisa memakannya mentah atau direbus seperti memasak di rumah.

4. Elderberry - Sambucus

Semak elderberry dapat tumbuh dengan mudah tumbuh sekitar 10 kaki, struktur daun mereka biasanya 7 daun utama pada batang panjang menjulur, daun panjang, bulat dan daunnya memiliki tepi bergerigi. Ini paling mudah untuk di identifikasi di musim semi karena bunganya mekar berkerumunan warna putih yang menyerupai payung. Panen buahnya saat mereka matang sekitar bulan September.

Elderberry dikenal sebagai penyembuh flu dan  dingin, Anda dapat membuat jelly dari tumbuhan itu. Rasanya sangat manis dan lezat. Namun, menyadari bahwa elderberry dapat menjadi racun jika tidak benar dipersiapkan.

5. Gooseberries - Ribes uva-crispa

 Ini juga umum di hutan di Missouri utara, cabang-cabang yang abu-abu dan memiliki duri panjang merah, dan daunnya hijau terang, memiliki 5 daun di setiap tangkai. Mereka memiliki ujung bulat dan terlihat mirip dengan bentuk daun maple. buah matang sekitar akhir Mei awal Juni.

6. Mulberries (murbei) - Morus

Daun murbei memiliki dua jenis, satu bentuk sekop dan daun 5 jari. Buah yang matang dimakan dan banyak digunakan dalam pai, Tart, anggur, cordial dan teh. Buah murbei ini bisa ditemukan di hutan Indonesia jika beruntung.



7. Pine - Pinus


Ada lebih dari seratus spesies yang berbeda dari pinus. Tidak hanya dapat makanan digunakan sebagai pasokan nutrisi tetapi, juga dapat digunakan untuk tujuan pengobatan. Didihkan semangkuk air dan menambahkan beberapa jarum pinus untuk membuat teh.

8. Kudzu - Pueraria lobata


Hampir seluruh tanaman dimakan dan juga dikenal karena nilai obatnya, seperti sebagai anti-inflamasi dan membantu dalam mengobati sakit kepala dan migrain. Daun dapat dimakan mentah, uap atau direbus. akar bisa dimakan juga. Tumbuhan ini juga banyak ditemukan di hutan jika kalian cermat. Coba amatilah ketika melakukan pendakian atau kegiatan alam.


9. Daylily - Hemerocallis

Anda dapat menemukan tanaman ini di banyak bagian negara, mereka memiliki bunga oranye cerah dan dedaunan yang datang langsung dari tanah, tidak ada batang. Anda dapat makan kuncup bunga sebelum mereka membuka, atau memasaknya seperti sayuran.

10. pecan - Carya illinoinensis

Pohon-pohon dewasa sekitar 20-30 ft, beberapa dapat tumbuh hingga 100 ft. Daun hijau terang dan panjang, halus tepinya dan pecans sendiri tumbuh di polong hijau dan saat matang polong terbuka dan benih jatuh ke tanah. kemiri adalah spesies hickory, asli selatan-tengah Amerika Utara. Pecan, jika ditanam secara komersial memiliki beberapa nutrisi tinggi.

11. Hazelnut - Corylus

pohon kemiri yang pendek dan cenderung sekitar 12-20 ft tingginya, daun hijau terang dan telah menunjuk tepi, dan hazelnut sendiri tumbuh dalam untaian panjang polong dan umumnya matang pada bulan September dan Oktober. Mereka juga dikenal sebagai cobnut atau filberts.

12. Kenari - Juglans regia
pohon kenari adalah yang paling dikenal dan pohon kacang tertinggi di Amerika Utara, mereka dapat berkisar 30-130 kaki. Struktur daun sangat mirip dengan peacan. Tepi daun yang halus dan berwarna hijau. Kenari cenderung tumbuh dalam kelompok dan matang di musim gugur.

13. Acorns - Quercus


Juga dikenal sebagai kacang oak, dapat cenderung pahit, mereka sangat dikenali. Mereka harus dimakan dengan cara dimasak dan jumlahnya terbatas.

14. Hickory Kacang - Carya

pohon kacang hickory dapat tumbuh sekitar 50-60 ft tinggi, daun hijau mereka seperti tombak. Mur hickory bulat dan  matang pada bulan September atau Oktober.

15. Clovers - Trifolium repens

Cengkeh di mana-mana jika Anda beruntung * pun *,  bisa dimakan! Jika Anda menemukan rumput Anda kemungkinan besar akan melihat tanaman ini tumbuh di mana-mana, daunnya trifoil khas dan bunganya berwarna putih yang mudah dikenali, Anda dapat memakannya mentah tetapi lebih baik direbus.

16. Red Clover - Trifolium pratense


Bunganya bisa dimakan segar atau direndam dalam air panas untuk teh. Dan Anda dapat memadukan bunganya ke salad.

17. Chicory - Cichorium intybus, sawi putih

Anda dapat menemukan ini di Eropa, Amerika Utara dan Australia. Seluruh tanaman bisa dimakan bersama dengan bunga birunya yang cerah, juga bisa putih atau merah muda. Sawi putih terkenal karena toksisitas untuk parasit internal.

18. Coltsfoot - Tussilago farfara

bagian yang dapat dimakan: Bunga dan daun muda dapat dimakan. Bunga dapat dimakan mentah dan dicampur ke dalam salad untuk  menambahkan rasa aromatik yang indah. Gunakan kepala bunga dan tempatkan mereka ke dalam gelas, bisa tambahkan madu mentah dan menyimpannya selama beberapa minggu; ini bisa menjadi obat rumah yang bagus untuk membantu menenangkan batuk, atau hanya menambahkan beberapa madu coltsfoot ini menjadi teh Anda. Anda mungkin bisa mengeringkan kepala bunga dan menggunakannya sebagai teh atau di resep memasak / memanggang. daun muda yang pahit tapi lebih baik jika direbus campur jadi salad, semur, atau hanya menambahkan lemon, minyak zaitun extra virgin dan bumbu.
Meskipun coltsfoot didokumentasikan dengan baik sebagai obat batuk alami dan sakit obat tenggorokan, mungkin yang terbaik untuk menghindari penggunaan jangka panjang dari tanaman ini atau untuk memastikan suplemen yang Anda beli disertifikasi dan diberi label sebagai hepatotoksik pyrrolizidine alkaloid bebas (PA-free). HK hepatotoksik mungkin karsinogenik dan mutagenik dan juga dapat meningkatkan tekanan darah. Studi tertentu telah menunjukkan bahwa teh Coltsfoot menyebabkan masalah hati pada bayi dan ibu hamil.

19. Creeping Charlie - Glechoma hederacea

bagian yang dapat dimakan: Daun muda bisa dimakan mentah atau dimasak. Daunnya memiliki rasa pahit ringan dengan tang besar aromatik untuk salad. Anda bisa memasak daun mudanya seperti bayam, atau menambah sup, semur, dan telur dadar.

20. Cattail - Typha latifolia / ekor kucing

Dikenal sebagai tanaman rawa atau punk di Amerika Utara dan bullrush dan reedmace di Inggris, genus typha tanaman biasanya ditemukan di dekat tepi lahan basah air tawar. Sebagian besar Cattail bagiannya bisa dimakan. Anda bisa merebus atau makan mentah batang bawah. Batang bawah biasanya ditemukan di bawah tanah. Pastikan untuk mencucinya. Bagian terbaik dari batang dekat bagian bawah terutama bagian yang berwarna putih. Bisa dimakan mentah atau dimasak batangnya. Rebus daunnya seperti Anda memasak bayam.

21. Bawang putih Mustard - Alliaria petiolata

bagian yang dapat dimakan: Bunga, daun, akar dan biji. Daun dapat dimakan dalam setiap musim, ketika cuaca menjadi panas, daun akan memiliki rasa pahit. Bunga dapat cincang dan dibuat salad. Akar dapat dikumpulkan di awal musim semi dan lagi di akhir musim gugur, ketika tidak ada tangkai bunga yang hadir. Bawang putih mustard ini akarnya sangat pedas agak seperti lobak .... lezat! Benihnya dapat dikumpulkan dan dimakan.

22. Chickweed - Media Stellaria

Ini biasanya muncul Mei dan Juli, Anda dapat makan daunnya secara mentah atau direbus, tinggi vitamin dan mineral!


23. Hop Clover - Trifolium campestre


bagian yang dapat dimakan: Bunga-Bunga dapat dimasukkan ke dalam teh. Biji (di musim gugur) dapat dikumpulkan dan dimakan seperti di panggang dan dapat ditumbuk menjadi tepung juga. Daun dapat campur ke salad, omelet, jus, sandwich, dll. Perhatikan dengan seksama, tanaman ini juga banyak di hutan Indonesia.

24. Herb Robert - Geranium Robertianum


bagian yang dapat dimakan: Seluruh tanaman. daun segar dapat digunakan dalam salad atau untuk membuat teh. bunga, daun dan akar dapat dikeringkan dan disimpan menggunakannya kemudian sebagai teh atau herbal sebagai penguat nutrisi. Menggosok daun segar pada kulit dikenal untuk mengusir nyamuk, info lanjut di HerbsAreSpecial.com.

25. Pantai Lovage - Ligusticum scoticum hultenii

Menggunakan daun mentah dalam salad atau salsa, atau dimasak dalam sup, dengan nasi, atau dalam campuran sayuran dimasak. Pantai lovage dapat memiliki rasa yang kuat dan paling baik digunakan sebagai bumbu, seperti peterseli, daripada dimakan sendiri. Pantai lovage selera terbaik sebelum bunga muncul, dan juga disebut Scotch lovage, lovage laut, seledri liar, dan petrushki.

26. Plantago

Adalah salah satu dari tanaman yang tampaknya berkembang tepat di tepi kebun dan jalan masuk hutan, tetapi juga dapat dimakan.

27. Wild Garlic - Allium vineale


Wild Garlic (Allium vineale, gagak bawang putih atau rumput bawang putih) Menyerupai bawang putih atau bawang merah, tetapi tunasnya seringkali sangat tipis. Bisa digunakan dalam sandwich, salad, pesto atau cincang  seperti daun bawang.

28. Selada air - Nasturtium officinale

Cresses (Garden cress, cress air, cress rock, lada cress) adalah sayuran hijau dengan bunga putih terang yang menyerupai bentuk salib panjang dan dibudidayakan banyak di Eropa Utara. Karena ini adalah tanaman air, harus dicuci dengan hati-hati sebelum dikonsumsi jika dikumpulkan dari alam liar. Jika tanaman ini dikumpulkan dari air yang tidak diobati anti bakteri, dapat membawa parasit mikroskopik air, seperti protozoa Giardia.

29. Quarters lambs - Chenopodium
Bisa digunakan daun mentahnya dalam salad, atau dimasak dalam sup. Quarters Lamb adalah terbaik sebelum bunga muncul. Quarters lambs juga disebut pigweed, Fat Hen, Goosefoot, dan bayam liar. Kadang beberapa orang menganggap tanaman ini menjadi sedikit hama.

30. Goosetongue - macrocarpa Plantago

Gunakan daun muda mentah dalam salad, atau dimasak dalam sup, di campuran sayuran dimasak. Goosetongue yang terbaik di musim semi dan awal musim panas, sebelum bunga muncul. Goosetongue mirip dengan tanaman beracun Arrowgrass, sehingga identifikasi dan hati - hati juga sangat penting. Goosetongue juga disebut Seashore Plantain. Kita bisa menemukannya di dekat tanah batu - batuan atau sekitarnya.

31. Joe Pye Weed - Eutrochium


bagian yang dapat dimakan: Seluruh tanaman dapat digunakan termasuk akar. Daun dan batang dapat dipanen pada musim panas sebelum kuncup bunga terbuka dan dapat dikeringkan dan disimpan untuk digunakan nanti. Akar dipanen pada musim gugur. Bunga-bunga segar dapat digunakan untuk membuat teh herbal.

Joe Pye gulma dinamai sebagai penyembuh legendaris India yang menggunakan ramuan dari tanaman untuk menyembuhkan demam tifus di kolonial Amerika. Mencuci luka dengan teh kental yang terbuat dari akar untuk mencegah infeksi.
Mirip dengan coltsfoot, Joe Pye gulma mengandung lindung livertoxic yang mungkin karsinogenik.

32. pigweed - Amaranthus palmeri (semacam bayam liar)


bagian yang dapat dimakan: Seluruh tanaman - daun, akar, batang, biji. Benih Amarath kecil dan sangat bergizi dan mudah dipanen, biji-bijian biji digunakan untuk membuat tepung untuk kue. Daun muda bisa dimakan mentah atau dimasak seperti bayam, tumis, dll segar atau daun pigweed kering dapat digunakan untuk membuat teh.


33. Fireweed - Chamerion angustifolium

Tanaman ini cukup sedikit ditemukan terutama di belahan bumi utara. Fireweed merupakan sumber vitamin A dan C.

34. Monkey Flower - Mimulus

Daun mentah bisa dijadikan salad, atau dimasak dalam sup, campuran dimasak hijau. bunga monyet bagus dikonsumsi sebelum bunga muncul, meskipun setelah berbunga juga dapat dimakan dan baik dalam salad atau sebagai hiasan.

35. Self-menyembuhkan - Prunella vulgaris

bagian yang dapat dimakan: daun muda dan batang bisa dimakan mentah dalam salad; seluruh tanaman dapat direbus dan dimakan. Tanaman ini mengandung vitamin A, C, dan K, serta flavonoid dan rutin. Bagian tanaman bisa dijadikan untuk penyembuhan luka, obat kumur yang terbuat dari  tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, sariawan dan infeksi gusi. Internal, teh dapat digunakan untuk mengobati diare dan pendarahan internal.

36. Purse Gembala - Capsella bursa-pastoris


Gunakan daun muda mentah dalam salad, atau dimasak dalam sup, di campuran sayuran dimasak. Meskipun daun dapat dimakan sepanjang musim panas, daun dewasa memiliki rasa pedas yang tidak menarik.

37. Mallow - Malva neglecta

bagian yang dapat dimakan: Semua bagian dari tanaman mallow dimakan - daun, batang, bunga, biji, dan akar. Mallows telah digunakan sepanjang sejarah sebagai makanan survival selama masa gagal panen atau perang. Mallows yang tinggi lendir, zat lengket yang memberikan tekstur yang sedikit berlendir, mirip dengan okra, besar dalam sup. Mallow memiliki rasa pedas yang menyenangkan dan baik. Salah satu penggunaan yang paling populer dari mallows adalah sebagai  salad hijau.

38. Selada Miner - perfoliata Claytonia


Bagian: Bunga, Daun, Akar. Daun dapat dimakan mentah atau dimasak. Rasanya cukup hambar dengan tekstur mucilaginous, hal ini sangat bagus dalam salad. Tangkai dan bunga dapat dimakan mentah.

39. Bidang Pennycress - arvense Thlasp
Bidang Pennycress adalah gulma yang ditemukan di sebagian besar belahan dunia. musim tanam adalah awal musim semi hingga akhir musim dingin. Anda bisa makan biji dan daun pennycress lapangan mentah atau direbus. Satu-satunya peringatan dengan pennycress lapangan tidak memakannya jika itu tumbuh di tanah yang terkontaminasi. Aturan umum adalah tidak makan pennycress jika itu tumbuh di sisi jalan.

40. Manis Rocket - Hesperis matronalis

Tanaman ini sering keliru untuk Phlox. Phlox memiliki lima kelopak, Rocket Dame hanya memiliki empat. Bunga-bunga, yang menyerupai phlox, adalah lavender dalam, dan kadang-kadang merah muda menjadi putih. Tanaman ini bagian dari keluarga mustard, yang juga termasuk lobak, brokoli, kubis, kembang kol, dan, mustard. Pabrik dan bunga yang dapat dimakan, tapi cukup pahit. Bunga-bunga yang menarik bisa ditambahkan ke salad.

41. liar Bee Balm - Monarda fistulosa

bagian yang dapat dimakan: Daun direbus untuk teh, digunakan untuk bumbu, dikunyah mentah atau kering; bunga yang dapat dimakan.

42. Mallow - Malvaceae

Mallow adalah daun lezat lembut baik untuk salad segar. Gunakan seperti selada dan sayuran hijau lainnya.  Polong biji juga dimakan selagi masih hijau dan lembut sebelum mereka mengeras, kemudian berwarna coklat.

43. Pineapple Weed - Matricaria discoidea

bagian yang dapat dimakan: bunga Nanas gulma dan daunnya adalah makanan lezat saat hiking. Bunganya juga dapat dikeringkan dan dihancurkan sehingga dapat digunakan sebagai tepung. Seperti chamomile, nanas gulma sangat baik sebagai teh.

44. Susu Thistle - Silybum marianum


Milk thistle paling sering dicari karena sifat medisnya yang mencegah dan memperbaiki kerusakan hati. Tapi sebagian besar tanaman juga dapat dimakan dan lezat. Sampai saat ini, ia biasanya dibudidayakan di kebun sayur Eropa.

45. Prickly Pear Cactus - Opuntia


Ditemukan di padang pasir Amerika Utara, kaktus pir berduri adalah tanaman yang sangat lezat dan gizi yang dapat membantu Anda bertahan pada saat Anda sedang terdampar di gurun. Buah kaktus pir berduri tampak seperti buah pir merah atau keunguan. Sebelum makan tanaman ini, hati-hatilah menghapus duri kecil di kulit luar atau Anda akan merasa seperti menelan landak. Anda juga bisa makan batang muda dari kaktus pir berduri. Hal terbaik untuk merebus batang sebelum makan.

46. Common ​​Mullein - Verbascum Thapsus
bagian yang dapat dimakan: Daun dan bunga. Bunga-bunga yang harum dan rasa manis, daun tidak harum dan rasa sedikit pahit. Tanaman ini terkenal karena baik secangkir tehnya dapat dikonsumsi sebagai minuman biasa. Mengandung vitamin B2, B5, B12, dan D, kolin, hesperidin, para amino benzoat asam, magnesium, dan sulfur, tapi teh mullein terutama dihargai sebagai pengobatan yang efektif untuk batuk dan gangguan paru-paru.

47. Wild Grape Vine - Ampelocissus acetosa / amggur liar



bagian yang dapat dimakan: Anggur dan daun. Anggur matang bisa dimakan, buat jus anggur. Daunnya juga dapat dimakan.

48. Rocket Kuning - Barbarea

Hal ini cenderung tumbuh di tempat lembab seperti tepi sungai dan pinggir jalan. Rocket kuning dibudidayakan di Inggris sebagai salad sayur.

49. Krokot - Portulaca oleracea
Dianggap sebagai gulma yang menjengkelkan di Amerika Serikat, krokot dapat memberikan vitamin yang sangat dibutuhkan dan mineral dalam situasi hidup padang gurun dan gunung berbatu di Indonesia juga ada. Kadang di ladang - ladang sawah juga ditemukan. Tanaman Ini adalah tanaman kecil dengan daun lemak halus yang memiliki rasa asam menyegarkan. Krokot tumbuh dari awal musim panas ke awal musim hujan. Anda dapat makan krokot mentah atau direbus. Jika Anda ingin menghapus rasa asam, rebus daun sebelum makan.

50. Sheep Sorrel - Rumex acetosella

Sheep Sorrel adalah asli ke Eropa dan Asia, tetapi telah naturalisasi di Amerika Utara. Ini gulma yang umum di padang rumput, dan hutan. Ini berkembang di tanah yang sangat asam. Sheep Sorrel memiliki tinggi, batang kemerahan dan dapat mencapai ketinggian 18 inci. Sheep Sorrel mengandung oksalat dan tidak boleh dimakan dalam jumlah besar. Anda bisa makan daun mentah.

51. Mustard liar- Brassica campestris

mustard liar ditemukan di alam liar di banyak bagian dunia. Ini mekar antara bulan Februari dan Maret. Anda bisa makan semua bagian dari Ditanam biji, bunga, dan daunnya.

52. Kayu Sorrel - Oxalis

Anda akan menemukan Kayu Sorrel  di semua bagian dunia; keragaman spesies ini sangat kaya di Amerika Selatan. Manusia telah menggunakan Kayu Sorrel  untuk makanan dan obat-obatan selama ribuan tahun. Orang Indian mengunyah Kayu Sorrel  untuk mengurangi rasa haus dan untuk menyembuhkan luka mulut. Daunnya merupakan sumber vitamin C.

Yuk follow instagram kami kalau kamu mau berbagi foto - foto pendakianmu atau sekedar melihat - lihat foto pendakian gunung Indonesia di @mountnesia😄

Jika ada kesalahan pada artikel ini, silahkan di koreksi dengan memberi komentar.

Penulis :
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon