Apakah Bisa Donor darah Saat Puasa?

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Melakukan donor darah geratis termasuk amal yang baik untuk kita, terutama para pencinta alam. Di saat - saat terjadi bencana dan membutuhkan bantuan terutama saat suatu rumah sakit kekurangan darah. Terkadang kita agak ragu kalau melakukan hal - hal seperti donor darah ketika puasa.

Lalu, sebenarnya kalau donor darah di waktu puasa itu dibolehkan atau nggak sih?

Boleh-boleh saja kalau mau donor saat puasa. Tubuh manusia mempunyai kapasitas menampung darah sekitar sebanyak 5.000 cc hingga 6.000 cc. Banyaknya kapasitas darah inj juga tergantung dengan berat badan yang dimiliki oleh seseorang. Ketika kita melakikan donor darah, itu hanyalah sekitar 300 cc saja darah kita yang diambil. Akan mendapatkan sebuah kondisi berbahaya kalau darah yang ada ditubuh seseorang berkurang sebesar 50 persen dari kapasitas, menurut Dr. dr. Aru Wisaksono Sp.PD, KHOM, FACP, pakar hematologi.

Jadi kesimpulannya kalau donor darah ketika puasa itu bisa - bisa saja.

Apakah berdampak pada kesehatan?
Akantetapi kalau kalian pernah merasakan donor darah, mungkin dalam keadaan puasa akan membuat kita agak kurang bertenaga. Jadi kalau sudah donor darah harus banyak istirahat dulu. Jangan lakukan kegiatan berat hingga tenaga kalian kembali setelah berbuka puasa. Jika setelah donor kalian melakukan banyak kegiatan apalagi kegiatan berat, maka donor darah bukan lagi bermanfaat, tetapi malah berbahaya untuk kesehatan kita. Apalagi untuk kalian yang belum pernah melakukan donor darah, saat puasa sebaiknya kalian tidak usah donor darah. Biasanya donor darah pertama kali akan membuat kita sangat lemas. Itu juga tergantung oleh ketahanan setiap orang. Untuk yang sudah pernah donor, biasanya akan lebih beradaptasi.

Jika kalian ingin melakukan donor darah sebaiknya kalian melihat keadaan diri kalian sendiri. Pastikan sudah mantab dan yakin.

Okelah itu sepenggal artikel tentang donor darah ketika puasa. Semoga dapat membantu. Salam lestari Indonesia!

Penulis:
Tim Viapendaki, ig official @mountnesia


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon