Cara Menangani Sengatan Lebah

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Lebah, si penghasil madu ini kadang bisa membahayakan petualangan kita. Untuk sengatan dan rasa sakitnya berbeda - beda tergantung dari jenis lebahnya. Untuk itu, jika kita menjumpai hewan ini, sebaiknya janganlah diganggu. Akantetapi jika sudah terlanjur tersengat lebah, lalu bagaimana? Berikut beberapa tips penanganannya.

Reaksi tubuh setiap orang berbeda - beda jika terkena sengatan lebah, bisa hanya sakit di area gigitan yang menyebabkan nyeri kemerahan dan bengkak. Atau bissa juga rasa sakit yang sistemik (menyeluruh) yang menyebabkan gejala seperti mual, kesadaran menurun, muntah, bahkan juga berakibat kematian karena shock anafilaktik (yaitu keadaan gangguan yang terjadi pada peredaran darah ke organ tubuh terutama pasa otak) yang biasanya penderita mempunyai keturunan terlalu sensitif jika terkena racun lebah.

Sebelumnya perlu kita ketahui juga jenis - jenis lebah yang biasanya kita temui di hutan indonesia ini.

Jika dalam bahasa jawa yang sering kita temui di hutan ini adalah lebah madu lurik - lurik kuning yang tidak berbahaya walaupun sengatannya agak sakit, tidak terlalu benjol. Lebah ini biasa disebut tawon doang (bhs. Jawa)

Selanjutnya adalah lebah yang berwarna hitam kecoklatan, terlihat ganas, lebah ini jika mengenai atau menyengat maka akan terasa cukup sakit, lebih sakit dari lebah sebelumnya. Benjolan cukup besar hingga membengkak. Sembuhnya bengkak dan sakit bisa hingga beberapa hari. lebah penghasil madu ini biasa disebut dengan tawon baluh (bhs jawa)

Yang selanjutnya ini lebah penghasil madu yang sangat berbahaya yang disebut dengan tawong gung / gong, bacanya seperti membaca kata parno. Lebah ini sengatannya sangat sakit. Lebih sakit dari sakit gigi.

Jenis sengatan di atas adalah berdasar pada sengatan 1 lebah saja. Jika banyak, kemungkinannya bisa sangat berbahaya.

Untuk gambarnya sendiri masih susah kami dapatkan.

Note : segala jenis lebah di jawa biasanya dipanggil dengan sebutan tawon.




Penanganannya

1. Sengatan lebah akan meninggalkan bekas luka sengatan. Di bekas luka tersebut biasanya lebah meninggalkan semacam kantung racun (penyuntik yang runcing dan ada semacam kantungnya). Kita dapat mencabutnya secara perlahan.

2. Setelah itu cuci bekas sengatan dengan sabun atau sejenisnya.

3. Lakukan kompres pada bekas sengatan dengan es batu atau jika tidak tersedia, kita dapat menggunakan handuk basah atau kain basah lainnya.

4. Jika kalian membawa obat anti nyeri seperti parasetamol dan obat anti-alergi dipenhydramine atau Chlorpeniramine, dapat kalian berikan masing - masing 1 tablet. Sebaiknya persiapkan dalam kotak p3k di petualangan kalian.

5. Tetap awasi jika terjadi tanda - tanda alergi berat akibat sengatan, seperti mual, muntah, terjadi  bentol - bentol atau benjolan - benjolan yang menyebar diseluruh tubuh juga penurunan kesadaran. Maka hal yang perlu kalian lakukan adalah segera menghentikan petualangan dan bawalah penderita ke RS terdekat.


Pencegahan dan antisipasi saat berjumpa lebah

Jangan panik
Jika kalian menemukan ada lebah ataupun tawon, maka kalian harus tenang dan bergerak secara perlahan untuk menjauhinya.

Jangan lakukan hal - hal berikut,
berteriak, melakukan tepuk tangan kalian, berusaha mengusir seperti mengusir ayam atau mencoba untuk memukul mereka. Hal ini hanya akan mengganggu mereka, sehingg mereka akan lebih bersikap aggressive kepada kita.

Hindari penggunaan wewangian yang manis dan kuat
Saat berpetualang sebaiknya jangan gunakan wewangian yang berlebihan, baik untuk jenis parfume maupun jenis shampo dan juga spray rambut.

Jangan memakai warna cerah
Memakai pakaia, tas, maupun benda lainnya dengan warna yang terang, tajam dan juga benda atau pakian yang ada pola bunga mencolok. Hal tersebut dapat menarik perhatian  tawon dan lebah.

Hindari perkebunan
Cobalah untuk menghindari kebun atau tanaman buah dimana tempat itu biasa sebagai tempat untuk mencari makanan.

Bekas minuman manis yang terbuka
Jika tersadat minuman kaleng dan botol dalam keadaan terbuka, ini dapat menarik lebah dan tawon untuk masuk kedalamnnya. Hindari dan antisipasi saja.

Amankan makanan dan minuman
Jika kalian melakukan petualangan di hutan ataupun tempat terbuka lainnya, maka selalu jaga makanan dan minuman tersebut agar tertutup.

kebersihan
Setelah mengkonsumsi sesuatu yang manis, pastikan tangan atau wajah kalian sudah dibersihkan.

Pakaian
Untuk pakaian, kita bisa menggunakan pakaian lengan panjang. Jika tersengat, maka agar tidak tersengat secara langsung.


Itulah beberapa tips untuk penyembuhan dan pencegahan akibat sengatan lebah.


Penulis :
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon