Istilah Tik - Tok di Pendakian Gunung

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Apa itu tik - tok? Tik - tok adalah sebuah istilah di pendakian gunung.

Biasanya ada pendaki gunung yang melakukan pendakian hanya sebentar saja, mungkin untuk survei tempat, seperti medan, dan lama waktu pendakian, karena akan melakukan sebuah acara bersama di gunung. Nah itu bisa kita sebut Tik - Tok. Jadi tik tok itu mendaki gunung hanya dalam hitungan beberapa jam tanpa membuat tenda ataupun perbekalan yang berarti, kemudian setelah naik beberapa saat langsung turun kembali. Tentunya, tik tok biasanya dilakukan di gunung - gunung yang relatif rendah dan waktu untuk menuju puncaknya hanya ditempuh beberapa jam saja, semisal hanya 4 jam atau 2 jam saja. Namun, tik - tok ini juga tidak harus sampai puncak, semisal hanya sampai di beberapa posnya saja.

Contoh tik - tok ke gunung Prau, Dieng
Beberapa waktu lalu, kami mengadakan perjalanan survei perjalanan menuju pendakian Gunung Prau. Perbekalan yang kami bawa hanyalah Roti, dan minuman botol. Kebetulan kami hanya dua orang saja. Untuk persiapan sendiri, kami hanya membawa ransel kecil yang hanya di isi dengan perbekalan tadi. Pakaian yang kami pakai hanyalah jaket biasa, baju kaos dan celana olahraga pendek. Tak lupa juga bawa mantel untuk keselamatan perlindungan dari hujan. Estimasi waktu yang kamk tanya - tanyakan kepada para pendaki, katanya 4 jam sampai puncak.

Kami melakukan pendakian mulai dari jam 8 pagi, menyusuri ladang warga yang becek, saat itu musim hujan, setelah menyusuri hutan dan tanjakan terjal. Di setengah perjalanan, kami bertemu dengan ibu - ibu pendaki asal jogja yang turun pendakian, ya kira - kira umurnya 50 - an tahun. Masih kuat ya nek? Kami sempat berbincang sebentar dan nenek itu menanyakan mau ngapain kok ndaki pagi - pagi begini? Kami jawab, mau survey puncak buk. Ibu, oh tik - tok ya? Iya bu. (Inti percakapan). Akhirnya sampai di puncak jam 10 kurang. Terasa mudah dan cepat karena tidak membawa beban berat.

Kemudian checking tempat, setelah cek, ternyata puncak prau ini cocok untuk melakukan kegiatan seperti upacara hari nasional maupun upacara pelantikan. Puncak gunung prau ini sangatlah luas.

Setelah selesai checking, kemudian kami makan - makan dan minum sebentar dan langsung turun kembali. Hanya ditempuh 1 jam saja, benar saja, kami juga menyalip lagi ibu - ibu tadi yang papasan di pendakian saat naik.

Itulah istilah tentang tik - tok di pendakian dan pengalaman kami melakukan tik - tok di gunung prau. Sudah faham apa itu tik - tok?

Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon