Kegunaan Tongkat Gunung (Trekking Pole)

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

instagram.com/maicathought

Trekking pole atau tongkat gunung, di Indonesia ini masih cukup jarang yang menggunakannya. Kebanyan pendaki di indonesia memakai satu tongkat saja.

Trekking pole ini mempunyai desain yang menarik dan mudah dipegang. Pada bagian ujungnya juga didesain khusus agar mudah untuk mencengkram medan. Selain itu ada juga yang dilengkapi dengan senter dan kompas yang membuat lebih praktis dan mempunyai banyak manfaat.

Tetapi apakah tongkat gunung ini mempunyai manfaat untuk perjalanan di pendakian gunung?

Tentu saja mempunyai manfaat, diantaranya adalah :

1. Meminimalisir lelah
Pemakaian tongkat gunung ini akan mengurangi lelah dan memudahkan  kita selama pendakian karena selain bertumpu pada kaki, badan juga bisa bertumpu lada tongkat.

2. Memudahkah pendakian
Dengan bertambahnya tumpuan badan, tentunya pendakian akan semakin ringan. Akantetapi sebaiknya hati - hati, jangan terlalu bertumpu pada tongkat, siapa tahu nanti amblas.

3. Meningkatkan keseimbangan
Tongkat ini akan membantu kita semisal ketika kita agak condong miring ke kanan karena suatu hal, maka kita dapat menjadikan tongkat sebagai tumpuan agar kita tidak terjatuh.

4. Memudahkan memilih jalur
Kita bisa memilih atau mengecek jalur yang labil dengan menggunakan tongkat tersebut.

5. Turun dari pendakian
Kegunan yang cukup besar pengaruhnya adalah ketika turun dari pendakian. Kita dapat menjadikan tongkat inj sebagai tumpuan agar tidak tergelincir. Gunakan di samping badan dengan dua tongkat kanan kiri jika medannya terjal dengan kemiringan tinggi.

Tidak percaya? Silahkan coba pakai.

Itulah beberapa manfaat penggunaan trekking pole / tongkat pendakian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon