Logistik yang Harus Dibawa Saat Pendakian

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Pendakian gunung itu perlu persiapan yang matang, apalagi tentang masalah logistik.

Apa saja barang logistik yang perlu kita bawa di pendakian? Berikut logistik yang perlu kita bawa :

Air
Kita perlu menyiapkan air putih. Biasanya untuk satu malam pendakian, kita membawa 2 botol air putih ukuran 1,5 liter. Kebutuhan air ini untuk minuman, memasak air hangat untuk kopi, teh, wedang jahe, pipis dll. Pipis bisa pakai tisu basah saja / tayamum pakai daun.

Roti
Makanan ini sebagai cadangan makanan saat pendakian. Juga bisa sebagai menu di perjalanan pendakian. Bawalah roti yang banyak sebagai cadangan. Biasanya ketika muncak, kita hanya bawa logistik minuman, roti dan camilan. Lainnya ditinggal di tenda.

Camilan
Kita bisa bawa camilan makanan ringan seperti kacang, atau keripik. Akantetapi biasanya makanan seperti ini membuat kita cepat haus.

Roti gandum
Juga bisa dibawa, walaupun ukurannya kecil, tetapi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bisa dijadikan untuk menu perjalanan pendakian sebagai pengganti gula jawa.

Cokelat batang
Kita bisa membawa cokelat batang sebagai cadangan makanan pengembali energi. Barang logistik kecil ini sangat bermanfaat untuk penambah energi

Minuman penghangat
Kita bisa membawa jahe bubuk untuk penghangat tubuh. Ataupun membawa kopi juga bisa.

Madu
Bisa sebagai penambah energi, untuk obat

Buah - buahan
Nah, ini juga wajib dibawa. Buah ini berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita selama pendakian

Untuk makanan utama di tenda
Ketika sudah mendirikan tenda, tentunya kita perlu makanan supaya kenyang. Biasanya kita bisa memakai nasi sebagai pemenuhan karbohidrat. Caranya, kita memasak nasi dengan diberi garam, bawang putih halus pada masakannya. Lalu masak sampai matang. Jika sudah matang kita bisa menambah dengan bawang goreng. Lalu kita bisa menambah dengan menu lain seperti nugget, bakso, dan tempe. Jika masih dirasa kurang, kita bisa membawa sayuran cepat saji. Yaitu sayur yang sudah diiris - iris, bumbunya disiapkan dari rumah dan di pendakian sudah siap dimasak. Jangan bikin mie instan lah ya, karena tidak sehat. Kalau mau bikin mie instan, pastikan kalian punya menu lengkap, ada buah, susu, sayur dll sebagai penetral.

Itulah beberapa logistik makanan yang perlu kita bawa.

Untuk logistik baju
Di pendakian 1 hari, bawalah 3 pakaian dan 2 celana. 1 baju untuk pendakian, 1 baju untuk tidur / sekalian ke puncak, 1 baju cadangan. 1 celana untuk pendakian, 1 celana untuk tidur dan pendakian ke puncak. Usahakan ada 1 celana dan 1 pakaian yang tetap kering, bisa dijadikan pakian ganti seumpama kehujanan. Untuk celana, sebaiknya pakailah celana non jeans. Pakai celana yang agak longgar agar nyaman saat bergerak.

Logistik perlengkapan tidur kelompok

  • Bawa tenda tentunya
  • Matras dan sleeping bag masing - masing satu untuk setiap orang, jika dingin bisa saling berhimpitan / pelukan saat tidur di tenda. INGAT! Perempuan dan laki - laki bukan muhrim wajib pisah tenda.


Logistik lainnya
P3K. Bawa p3k seperlunya, antisipasi untuk pendakian

Untuk perlengkapan pribadi

  • Kaos tangan
  • Jaket tebal anti air / khusus pendakian
  • Mantel tiap anak
  • Sepatu / sendal pendakian
  • Kaos kaki, yang tebal, seperti kaos kaki TNI, bawa dobel sebagai cadangan
  • Senter / headlamp
  • Slayer, masker


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon