Makanan untuk Pendakian Gunung

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Foto dari
instagram.com/agungsgumelar
Menu makanan untuk pendakian gunung tidak serumit seperti yang kita bayangkan. Kita dapat menyiapkannya secara cepat saji ataupun yang perlu dimasak. 

  • Berikut menunya :

Beras/Nasi
Biasanya nasi menjadi menu utama sebagai pengisi karbohidrat untuk orang Indonesia. Karbohidrat ini dibutuhkan tubuh sebagai pengisi dan cadangan energi di pendakian. Kita bisa bawa perorang sekitar 1 gelas saja. Cara memasaknya adalah dipadukan dengan campuran garam dan bawang putih halus. Ini agar enak dimakan walaupun tanpa lauk. 

Kekurangan memasak nasi ini membutuhkan waktu cukup lama, begitu pula juga menghabiskan air. Untuk menyiasati ini, kita dapat menggantinya dengan kentang ataupun roti.


Bakso, sosis, chicken Nugget, kenthucky dan sebagainya
Makanan cepat saji ini mudah untuk dimasak ulang ataupun dimakan langsung. Juga mudah dipadukan dengan berbagai makanan lainnya seperti nasi dan roti.

Spaghetti dan Mie Instan
Mt. Rinjani, dari @rdung17
Spaghetti ini sebenarnya sama dengan mie instan, hanya yang membedakan adalah kandungan bahan dan kelezatannya jauh lebih enak karena ada saos seperti blognese yang membuat spaghetti jadi lebih sedap dan juga lebih mengenyangkan. Sebenarnya spaghetti dan mie instan ini tidak dianjurkan untuk pendakian. Tetapi kebanyakan pendaki membawa dan mengkonsumsinya.


Sayur Sop
Sayur sop ini termasuk makanan yang mudah masaknya, kita bisa memasak langsung, caranya siapkan bahannya dahulu dari rumah. Jadi tinggal dimasak di pendakian.
Atau cukup bawa sayur-mayur apa saja yang dirasa pas, potong-potong, rebus, kasih bumbu seperti bawang, garam, merica, ditambah dengan tempe dan goreng telor juga sangat pas.
Ini termasuk masakan yang mudah dimasak. Tetapi sebelumnya, siapkan sayur segar agar tidak mudah busuk ketika dibawa di pendakian. Kelebihannya, sayur sop ini sudah cukup untuk mengisi vitamin, protein dll untuk pendakian

Tempe
Tempe goreng & jelly, dari @ichan_96

Ini adalah gorengan yang enak dan gampang cara memasaknya. Kita tinggal iris tipis, kasih campuran garam dan goreng, itu sudah sangat nikmat di pendakian. Tempe memiliki kelebihan sebagai pengisi nutrisi seperti protein dll.

Biskuit gandum
Ini termasuk makanan cepat saji yang baik untuk pendakian. Walaupun ukuran biskuit gandum ini kecil, tetapi  kandungan karbohidratnya lebih besar daripada gula. Biskuit ini cukup untuk memberikan energi tambahan ketika kita melakukan pendakian gunung. Kemasan biskuit gandum ini juga kecil memudahkan untuk mengemasnya ke dalam tas.

Roti
Ini adalah makanan yang wajib kita bawa di pendakian. Mengapa? Karena roti mudah untuk dimakan dengan cepat tanpa memasak ketika melakukan perjalanan pendakian. Ini untuk penambah energi kita.

Kering Kentang / Kering Tempe
Nah ini, makanan instan yang bisa langsung dimakan dan tidak mempunyai efek buruk untuk pendakian. Ini cukup untuk sebagai lauk nasi saja ataupun kentang. Kita bisa membawa kering tempe ini dari rumah.

Buah-buahan
Ini yang kita butuhkan sebagai pengisi nutrisi juga. Kita bisa membawa buah - buahan yang tidak mudah penyok seperti apel, pir dll

Segala jenis coklat, gula jawa
Coklat dan gula jawa ini sebagai pengisi energi yang cepat di pendakian. Biasanya pada bawa silverqueen atau silverqueen tradisional (gula aren) sebagai pengembali energi di perjalanan pendakian. 


Jelly
Ini termasuk makanan cepat saji yang baik dan mengandung serat tinggi, sangat cocok untuk pendakian. Kita bisa membawa jelly yang sudah jadi dari rumah seperti nutrijell yang kenyal - kenyal dan tentunya enak. Apalagi di gunung itu dingin sebagai kulkas untuk nutrijellnya.

Kopi, wedang jahe, susu

Kita bisa menyajikan minuman ini untuk sajian sebelum tidur dan setelah pagi bangun tidur. Ini adalah minuman yang paling serinh dibawa pendaki


  • Makanan yang tidak boleh dibawa saat mendaki

Mie instan
Sebenarnya mie instan itu tidak baik untuk dijadikan menu utama dalam pendakian. Pastikan jika membawa mie instan, kalian sudah mempunyai menu pokok lainnya seperti buah, sayur dan minuman yang sehat.

Minuman beralkohol
Kadang para pendaki menganggap, bir dapat menghangatkan di pendakian, padahal itu salah kaprah. Meminum minuman beralkohol dapat melebarkan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga angin atau udara dingin mudah masuk kedalam tubuh kita. Hal ini tentu saja membuat badan menjadi rawan untuk terkena masuk angin ataupun hipotermia.

Minuman rasa - rasa / minuman berenergi.
Minuman berenergi ini tidak cocok untuk disajikan di pendakian. Mengapa?

Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon