Manfaat Madu Untuk Pendakian Gunung

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Sebelum melakukan perjalanan pendakian gunung maupun petualangan alam lainnya, pastikan sudah mempersiapkan barang - barang dan konsumsi kalian. Dan jangan lupakan yang satu ini. Madu, iya madu, bawalah madu. Kenapa harus madu?

Mari kita simak 4 Fakta penting tentang manfaat dari madu. Berikut :

1. Sumber Energi yang Cepat
Madu dapat kita jadikan sebagai minuman yang berenergi alami. Adanya kandungan karbohidrat yang tinggi dalam satu sendok madu ialah sekitar 17 hingga 20 gram yang tersusun dari gula sederhana yaitu seperti fruktosa dan glukosa yang dapat langsung diserap oleh tubuh kita dalam waktu singkat, lebih cepat dari yang lainnya.  Ini sangat baik jika diminum ketika kalian beristirahat dalam perjalanan. Dalam tiga sendok madu yang ada di 1 botol air  dengan ukuran (600mL), ini bisa menjadi pengembali energi yang cepat. Tentu saja perjalananmu akan terasa lebih ringan lagi karena tenaga sudah kembali.

2. Selain sebagai pengembali energi, madu ini juga dapat dijadikan sebagai obat penyembuh atau penawar untuk beberapa jenis luka, seperti luka bakar, sayatan, lecet, dan bekas operasi.  Di bagian bedah, madu bisa mempercepat proses epitelialisasi atau pembentukan sel yanga ada di jaringan luka sekitar 2 hingga 3 kali lebih cepat. Madu juga berfungsi untuk anti-mikroba, yaitu dapat mencegah perkembangan bakteri yang ada pada area luka. Saat mengalami luka, kalian dapat mengoleskan madu hingga 3x perhari dan kemudian setrlah dioleskan bisa diperban.

3. Manfaat selanjutnya, madu juga bisa membantu untuk tidur yang lebih nyenyak. Karena adanya kandungan gula, maka dapat membuat peningkatan hormon insulin serta pelepasan hormon serotonin atau hormon kebahagian.
Selain itu, tubuh akan mengkonversi serotonin menjadi melatonin. Ini akan membuat peningkatan lama tidur seseorang dan juga tingkat kualitas tidurnYa. Kita dapat meminum 2 sdm sekitar 15 menit saat sebelum tidur. Lalu kalian bisa tidur dengan nyaman di tenda sampai pagi.

4. Madu sebagai obat batuk. Dari beberapa jurnal menunjukan bahwa madu memiliki efektifitas yg sama seperti obat dekstrometorphan dalam menekan pusat batuk di tenggorokan. 1 sendok makan madu dapat menjadi penyelemat kala kalian ketika  batuk dalam petualangan alam seperti pendakian gunung dan lainnya.

Nah itu dia fakta tentang madu. Masih banyak sebenarnya manfaat madu lainnya, tapi dasar ilmiahnya masih rendah. Jaga kesehatan, dan jangan keingat mantan! Karena luka karena mantan, gak bisa diobatin pake madu.

Sumber:
1. Kumar KPS et al., Medicinal uses and Health Benefits of Honey: An Overview. J.The.Pharm.Res., 2010, 2(1): 385-395.
2. Vallianou NG et al., Honey and its Anti-Inflamatory, Anti-Bacterial and Anti-Oxidant Properties. Gen Med(Los Angel) 2014,2:2.


By instagram : dokter petualang
Ditulis ulang oleh Tim VIApendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon