Menangani Luka Bakar di Pendakian / Petualangan

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Membuat api unggun, bakar jagung, masak air buat kopi, berjalan nenikmati terik matahari adalah aktifitas yang menyenangkan saat melakukan petualangan. Akantetapi tentu saja hal tetsebut kadang menjadi penyebab kita terkena luka bakar

Luka bakar dapat dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu ringan, sedang dan berat. Dalam pembagian tingkatan tersebut didasarkan menurut kedalaman lapisan kulit yang terkena oleh panas api dimana nantinya juga akan mempunyai penanganan yang berbeda. Lalu penanganan terhadap luka bakar tersebut bagaimana? Mari kita simak bersama.

1. Luka bakar ringan,
Untuk tingkatan ringan ini, yang terkena hanya lapisan luarnya saja. Tandanya adalah hanya terjadi kemerahan pada kulit dan akan membuat bagian yang terbakar hanya sedikit nyeri.

Pertolongannya adalah hanya dengan diguyur air biasa sekitar 10 menit. Kemudian bisa diberikan krim bioplacenton jika terasa nyeri sekali. Nanti luka bakar ini akan sembuh sendiri seperti ganti kulit, sekitar 2 minggu hingga 1 bulan.

2. Luka bakar sedang.
Untuk luka sedang ini yangg terkena adalah pada lapisan tengah kulit. Memiliki ciri yang khas, seperti ada bola bola berisi air di dalam luka tersebut setelah beberapa saat terkena luka bakar. Penanganannya adalah dengan di guyur air juga sekitar 10 hingga 20 menit. Bola air tadi jangan dipecahkan, tetap dijaga kebersihannya. Jika bilanya sudah terlanjur pecah, maka tutuplah menggunakan perban yang lembab, lalu di balut. Perbanyaklah untuk minum air putih, dan juga berikan korban luka bakar dengan paracetamol 1 tablet saja jika ada. Jika sudah sampai dirumah, sebaiknya pergu ke puskesmas untuk perawatan, karena lukanya rawan terkena infeksi.

3. Luka bakar berat,
Luka berat ini lukanya sudah mencapai di lapisan dalam kulit bahkan mengenai hingga lapisan otot. Kita dapat melakukan penanganan dengan diguyur air selama 10 sampai 20 menit. Lalu tutup luka tadi menggunakan perban lembab, dan segera bawa ke rumah sakit. Karena korban sangat rentan untuk terjangkit infeksi serta keadaan yang berbahaya lainnya. Sebaiknya bawa saja ke puskesmas atau rumah sakit. Minum kan korban air putih, berikan antinyeri seperti paracetamol 1-2 tablet.
JANGAN DIBERIKAN ODOL / PASTA GIGI PADA LUKA TERSEBUT YAH! Karena haram hukumnya


By instagram : dokter petualang
Ditulis ulang oleh Tim VIApendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon