Mirip Ranukumbolo, Telaga Dringo Punya Pemandangan Unik

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Kawasan pegunungan dieng plateau adalah suatu tempat yang menjadi idola wisata alam seperti kawah - kawahnya, telaga / danau, perbukitan dan gunung yang tersebar di areal dataran tinggi Dieng. Di dekat perbatasan batang dan dieng, dataran tinggi dieng memiliki salah satu danau yang unik dengan ketinggian 2.222 mdpl. Selain itu juga di hiasi hamparan material vulkanik pada area sekitarnya dengan pasir  atau kadang biasa disebut segara wedi.


Sejarah asal usul telaga dringo dieng

Telaga ini adalah bekas dari kepundan letusan gunung berapi sekitar tahun1786 yang sekarang menjadi kawah mati dan dari letusan tersebut membentuk cekungan yang menjadi tempat tadah air hujan dan juga muncul mata air di sekitar telaga.

Nama telaga dringo ini di ambil dari nama sebuah tanaman yang tumbuh alami disekitar telaga, yaitu tanaman dringo

Jika kita lihat dari sejarah pewayangan jawa, telaga dringo ini diambil dari suatu bagian pusaka yang dimiliki tokoh wayang Cupu Manik Astagina yang konon jatuh di area puncak gunung yang kemudian membentuk sebuah danau yang menjadi persengketaan atau perebutkan oleh tiga bersaudara yaitu, Dewi Anjani, Guwarsi, Guwarso. Dalam legendanya, pusaka Cupu Manik terlempar di dua tempat, bagian atas pusaka membentuk telaga sidringo dan bagian bawah menjadi telaga merdada.
M_bambang_


Rute Menuju Telaga Dringo

Telaga Dringo menjadi kawasan danau terindah yang terletak di zona wisata Dieng selain Sumur Raksasa Jalatunda dan  Kawah Candradimuka ini dapat kita tempuh menggunakan sepeda motor ataupun berjalan / trekking mendaki menyusuri jalan. Telaga dringo ini letaknya tidak jauh dari kawah Candradimuka. Dari kawah dapat kita tempuh sekitar 5 menit saja. Jika sampai di kawah, kita bisa langsung menuju ke telaga. Sebelum kawah akan ada tiket masuk. Kalau pagi sekali dan sore hampir maghrib biasanya sudah tidak ada penjaga karcis masuk. Untuk menuju kesana, jika masih bingung, kalian bisa menggunakan gps untuk menuju kesana karena di gps sudah ada. Akantetapi jika kalian menemui gps memasuki jalanan kecil, sebaiknya bertanya saja kepada masyarakat sekitar. Untuk gps google map ke telaga dringo sendiri sudah benar dan tidak menyesatkan. Untuk akses medan jalan, jalanannya ini cukup sempit karena lebarnya hanya cukup untuk akses satu mobil saja. Sebaiknya memakai sepeda motor atau jalan kaki dari kawah candradimuka. Di telaga ini kita juga dapat melakukan kegiatan seperti camping bersama teman, sahabat dan orang tercinta.

Foto dari @wely_fx

Keunikan Telaga Dringo

Keindahan telaga tertinggi dataran dieng ini, telaga dringo, tentu mengingatkan kita dengan danau ranukumbolo yang berada di Jawa Timur, pendakian gunung semeru. Hal ini menjadikan telaga ini sering disebut sebagai Ranukumbolo KW II. Saking miripnya, kadang ada yang upload di instagram atau medsos lainnya kalau itu adalah foto di ranukumbolo. Disana kita dapat melihat danau yang di keliling perbukitan hijau, dan bebas dari polusi. Kita dapat melakukan kegiatan memancing, keliling danau ataupun menyusuri pegunungan sekitar danau. Waktu yang pas untuk berkunjung ke telaga dringo ini adalah pada musim kemarau awal yang masih hijau. Pada musim hujan, banyak bagian telaga yang becek dan berair, selain itu medannya juga menjadi becek. Saat musim kemarau puncak,  tanaman di sekitar telaga mengering dan airnya sedikit.

sumber gambar : dringodieng.blogspot.com


Sebutan / nama lain dari Danau / Telaga Dringo

Danau Dringo atau Sidringo yang kadang disebut Sedringo semakin terkenal karena kemiripannya dengan danau ranukumbolo bahkan menjadi ikon sebagai ranukumbolonya dataran tinggi Dieng.


Sunrise dan Sunset

Jika cerah, kita juga bisa melihat sunrise seperti di ranukumbolo. Ataupun menikmati sunset  di puncak telaga dringo juga dapat kita lakukan. Karena baru - baru ini telaga dieng sangat hits di kalangan pencinta alam, traveler maupun yang suka jalan - jalan, telaga dieng sering ramai terutama di akhir pekan dan hari libur. Jadi kalau kesana usahakan pas hari kosong biar sepi dan dapat menikmati keindahan alam telaga dieng tanpa gangguan pengunjung lain.

Kadang disekitar telaga dieng ini juga sering dijadikan sebagai tempat olahraga motor trail, akan tetapi sebaiknya kalian tidak perlu menirunya, nanti malah semakin merusak alam dan membuat keindahan telaga menjadi berkurang.


Letak Telaga Dringo yang Kadang Salah Kaprah

Banyak yang beranggapan kalau telaga dringo ini berada di Wonosobo, itu salah. Untuk letak telaga Dringo ini sebenarnya berada di dua kabupaten tepatnya Desa Pekasiran Batur Kabupaten Banjarnegara yang berbatasan dengan Kabupaten Batang jawa tengah.


Penulis:
Tim VIApendaki, ig official @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon