P3K Yang Perlu Dibawa Saat Pendakian / Kegiatan Luar

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Kalau kalian sering melakukan petualangan seperti pendakian atau kegiatan luar lainnya , pastinya kalian paham  tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kalian selama melakukan aktifitas petualangan. Kita perlu membawa perlenglapan safety untuk jaga - jaga. Lalu apa saja perlengkapan P3K yang perlu kita bawa saat pendakian?  Berikut beberapa hal penting yang perlu kita bawa agar petualangan kita tetap aman, nyaman, dan sehat!

1. Membawa Antiseptik
Kita perlu membawa antiseptik seperti obat merah, providin iodin, betadin. Ini bermanfaat untuk membersihkan dan mencegah infeksi luka-luka seperti akibat dari goresan, lecet, iris, ataupun sebab lainnya.

2. Membawa Perban  atau kasa steril
Ini berguna untuk menutup luka agar tidak kontak langsung dengan udara luar, mencegah infeksi dari kotoran ataupun debu.

3. Membawa Obat Sakit kepala dan flu
Bawalah obat sakit kepala ataupun obat flu. Kita dapat menggunakan panadol, decolgen, ataupun obat lainnya. Atau juga bawa minyak kayu putih aroma teraphy.

4. Bawa obat demam (paracetamol,dll)*

5. Tetes mata (insto, rohto, visine,)*

6. Obat Diare*

7. Plester (hendyplas, handsaplas, dll)*

8. Krim pereda nyeri(counterpain, dll)*

9. Gunting, pisau, dll

10. Oxygen tabung kecil

11. Tabir Surya (Sun Block)
Ini perlu kita bawa juga, sebagai pelindung wajah kita agar tidak terbakar. Perlu kita bawa terutama saat kemarau akan sangat panas seperti di puncak Gunung Sumbing yang sangat panas dapat membakar wajah dan terasa setelah sampai dirumah.

*obat-obat diatas merupakan obat-obat yg mudah kalian dapatkan di apotek terdekat.

Itulah beberapa peralatan p3k yang perlu kita bawa untuk pendakian gunung, agar tetap aman dan terkendali. Semoga bermanfaat. Salam lestari!


Penulis :
Tim viapendaki, ig official @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon