Pendaki Gunung Bersalju Memakai Kacamata Hitam, Mengapa?

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA



Apakah pernah terlintas dalam benak kalian kenapa mereka yang mendaki gunung tinggi dan bersalju pasti menggunakan kacamata hitam? Apa mereka menggunakannya hanya untuk bergaya - gaya saja supaya keren? Atau mereka mempunyai maksud lain?

Jika kalian memperhatikan dengan seksama, mereka yang mendaki di gunung - gunung tinggi juga bersalju, mereka memakai kacamata hitam. Kacamata hitam itu bukanlah kacamata biasa, benda tersebut mempunyai manfaat penting untuk mata kita ketika melakukan pendakian di puncak tinggi bersalju. Tujuan utama penggunaan kacamata tersebut adalah untuk mencegah mata mereka terkena yang namanya SNOW BLINDNESS, jika dalam bahasa medisnya yang disebut dengan Photokeratitis. AAO (Persatuan Ahli Mata Amerika) menyatakan, bahwa photokeratitis adalah suatu kondisi timbulnya nyeri yang disertai dengan penurunan penglihatan pada mata yang disebabkan oleh paparan sinar UV berlebih. Penyebab utamanya adalah akibat pancaran langsung oleh sinar matahari lebih banyak di area yang tinggi, dan juga disebabkan pantulan sinar UV oleh salju. Hal tersebut akan menyebabkan kornea mata kita, (yaitu suatu bagian jernih lapisan luar mata) akan menjadi sangat kering.

Gejala dan tanda - tanda
Nah ini menimbulkan beberapa gejala diantaranya:
1. Nyeri yang terjadi pada mata
2. Mata menajdi kemerahan
3. Pandangan mata menjadi kabur
4. Air mata akan gampang keluar
5. Nyeri terasa di kepala
6. Kadang bisa kehilangnya penglihatan hingga beberapa waktu.

Penanganan
Jika muncul keluhan - keluhan seperti yang diaebutkan diatas, maka :
-segera basahi matamu dengan air yang mengalir bersih
-kemudian tutup matamu,
-kompres menggunakan handuk basah.

Pencegahan
Untuk mencegah terjadinya gejala snow blindness ini, kita dapat memakai kacamata yang khusus untuk pendakian. Kacamata ini dapat menyerap 99-100% sinar UV. Selain buat keren - keren, kacamata ini mampu menjaga matamu dari cedera yang disebabkan oleh uv tadi.

Oke, itulah alasan mengapa para pendaki gunung - gunung tinggi memakai kacamata. Sudah jelas kan? Kalau begitu kami cukupkan penulisan artikel ini. Silahkan di share ke teman kalian 😀

Penulis :
Tim viapendaki, ig official @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon