Perlengkapan Untuk Pendakian Gunung

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Perlengkapan pendakian juga perlu kita siapkan dengan matang. Ini agar perjalanan menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman.


PERLENGKAPAN PERJALANAN
Kita perlu memilih perlengkapan dan perbekalan yang sesuai dan selengkap mungkin. Selain itu juga perlu memperhatikan beban yang akan kita bawa. Beban yang dibawa oleh setiap orang tidak boleh melebihi kapasitasnya. Beban yang dibawa setiap orang tidak boleh melebihi sepertiga dari berat badan yaitu sekitar 15 sampai 20 kg


  • Kaus Kaki

Persiapkan kaus kaki yang menyerap keringat dengan bahan katun atau sutera. Kaus kaki berguna untuk menghangatkan dan menyamankan kaki di pendakian. Jika memakai sandal gunung, pakailah kaus kaki yang tebal, untuk menghindari lecet.


Bisa juga, plester mata kaki untuk melindungi agar terhindar dari luka lecet akibat gesekan.



  • Gaiters





    Diberikan pelindung tambahan (gaiters) yang berfungsi melindungi kaki dari masuknya binatang atau pasir. Biasanya gaiters digunakan untuk melindungi kaki dari kondisi tanah yang becek, rawa - rawa, atau menyeberangi sungai. Gaiters / Pelindung kaki adalah pelindung yang dipakai di atas kaki sepatu dan celana bagian bawah. Awalnya gaiters terbuat dari kulit karena dulunya dipakai oleh tentara perang dan koboi. Sekarang dikembangkan untuk pelindung para petualang. Bahan gaiteters sendiri biasanya terbuat dari kain sintetis plasticized seperti nylon, poliester, ataupun cordura.




    • Sepatu Pendakian / Sepatu Gunung


    Kaki adalah mahkota berharga Anda dalam perjalanan, maka tentunya perlu untuk kita manjakan.
    Perlu kita manjakan dengan memberi alas dan pelindung yang senyaman mungkin. Dengan begitu, anda akan lebih menikmati perjalanan di petualangan, apalagi saat melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dalam jarak yang cukup jauh

    Ciri Sepatu yang Pas untuk Pendakian

    1. Bentuk sol bawahnya dapat mencengkeram ke segala arah dan cukup kaku
    2. Sepatu mampu melindungi tapak sampai mata kaki
    3. Kulit sepatu tebal tidak mudah sobek bila terkena duri
    4. Bagian depan keras, yang berfungsi untuk melindungi ujung jari kaki saat terbentur batu.
    5. Lentur pada bagian tengahnya, sehingga memudahkan pergerakan kaki.


    Pakaian
    Pakaian yang perlu kita pakai adalah pakaian yang berfungsi untuk menjaga  lapisan udara hangat tetap bertahan disekitar kulit, mudah kering, menyerap keringat, tetapi juga dapat membiarkan keluarnya keringat tubuh secara terus-menerus.


    • Baju Lapangan


    Baju lapangan yang baik adalah baju yang mudah menyerap keringat, mudah kering, berlengan panjang dan terbuat dari katun tipis serta bahannya tidak mudah membuat panas karena baju ini berfungsi untuk dipakai untuk perjalanan pendakian.
    https://www.instagram.com/tiarafadilah/

    Dalam perjalanan, jangan pernah menggunakan pakaian yang berbahan nylon, karena ketika basah tidak mudah kering dan tidak menyerap keringat.


    • Celana Lapangan


    Pakailah celana yang ringan, kuat, mudah menyerap keringat dan memiliki lapisan ganda.
    Pada celana juga mempunyai kantong tambahan yang berfungsi untuk menaruh perlengkapan. Intinya cari celana khusus survival
    Pilih bahan yang mudah kering dan saat basah tidak menambah berat

    Jangan memakai celana jeans, karena celana jenis ini berat, susah untuk bergerak dan apabila basah akan lama keringnya.


    • Topi Perjalanan


    Bawalah topi, ini untuk melindungi kepala Anda dari kemungkinan terkena cidera akibat duri. Selain itu juga menghindari sengatan langsung matahari.
    Dapat digunakan untuk melindungi
    Dari dingin, maupun sengatan matahari




    • Kaus Tangan


    Kaus tangan berguna untuk mengantisipasi cedera yang disebabkan oleh benda - benda yang kita pegang, semisal untuk memegang batuan dan ranting yang berpotensi membuat lecet. Sebaiknya pakailah kaus tangan yang terbuat dari kulit, lentur, tidak kaku dan tidak menghalangi pergerakan tangan.

    Untuk melindungi dari dingin, kita juga bisa memakai kaus tangan yang lebih tebal.


    • Kacamata Hitam


    Selain untuk bergaya di pendakian, kacamata hitam juga bisa digunakan saat kita akan menuju puncak yang berguna untuk menghindari sinar matahari secara langsung.


    • Headlamp


    Jika ingin mendaki pada malam hari, jangan lupa untuk membawa senter dengan batrai cadangan bila perlu. Bawa juga lampu khusus untuk penerangan di tenda pada malam hari. Untuk antisipasi jika tidak boleh membuat api unggun ataupun hujan.



    PERLENGKAPAN PRIBADI
    Perlengkapan pribadi juga perlu kita siapkan, demi kenyamanan saat pendakian.


    • Pakaian Pengganti

    Kita juga memerlukan pakaian pengganti yang berguna untuk mengganti pakaian yang basah ataupun kotor dan berbau jika kita akan beristirahat tidur, sehingga panas tubuh akan tetap terjaga.
    Pilihlah pakaian yang menyerap keringat dengan bahan sutera atau katun. Jumlahnya dapat disesuaikan dengan lama perjalanannya. Jika 1 hari 1 malam, kita dapat membawa 2 atau 3 pakaian ganti.


    • Pakaian Dalam

    Pakaian ini berguna untuk menghangatkan tubuh dan menyerap keringat, pakailah yang berbahan katun.


    • Perlengkapan Mandi

    Kita dapat membawa perlengkapan mandi dan pakailah di basecamp. Untuk mencegah polusi air dan tanah di pendakian, kurangi pemakaian sabun dan pasta gigi pada jalur - jalur pendakian. Beberapa gunung biasanya melarang penggunaan alat mandi tersebut di pendakian. Ini untuk menghindari pencemaran.



    PERLENGKAPAN MASAK
    Memilih perlengkapan untuk  memasak yang akan digunakan pada saat pendakian termasuk hal yang penting. Kita perlu menentukan peralatan masak yang simpel dan ringan namun memiliki banyak fungsi. Sehingga akan membuat mudah ketika digunakan dan tidak menghabiskan banyak ruang di tas.

    Perlengkapan memasak dan makan :

    1. Kompor
    2. Panci / nesting yang bersusun, akan memudahkan dalam pengemasan di dalam tas.
    3. Pemantik api, korek gas / korek biasa
    4. Piring
    5. Sendok & garpu
    6. Gelas
    7. Air, persiapkan air matang secukupnya untuk keperluan memasak.



    Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis kompor yang praktis dan cocok untuk digunakan ketika pendakian,
    antara lain :



    • Kompor gas butana


    Kelebihan
    Kompor ini menghasilkan api biru yang cocok untuk memasak karena makanan akan lebih cepat masak, dan tidak menyebabkan panci berkerak atau hitam.

    Belilah yang ada pelindung anginnya,
    Kompor seperti diatas ada pelindung yang bisa dilebar dan di ciutkan


    Kekurangan
    Mudah sekali meledak atau bocor apabila kepanasan, diperlukan pengemasan yang hati - hati dalam membawanya. Harganya lebih mahal, namun efektif untuk perjalanan pendek.




    • Kompor Minyak


    Kelebihan
    Kompor ini cocok untuk dibawa saat melakukan perjalanan yang lama dan dalam kelompok rombongan besar, karena penggunaannya lebih hemat dan
    lebih aman.

    Kekurangan
    Api yang dihasilkan berwarna kekuningan, sehingga agak lama masaknya
    Menyebabkan panci hitam dan berkerak. Pengepakannya agak rumit.




    • Kompor Parafin


    Klebihan
    Praktis dalam pengemasan, biasa dipakai oleh tentara saat bertempur karena dapat digunakan dalam segala medan. Biasanya digunakan sebagai cadangan apabila bahanbakar yang lain sudah habis. Bawalah parafin yang banyak. Kita juga bisa membuat kompor praktis dengan tumpukan batu. Kemudian masukkan parafin di tengahnya.



    • Kompor Spiritus Cair



    Kelebihan
    Kompor ini dapat kita digunakan apabila akan memasak di dalam tenda, semisal saat terjadi hujan.

    Kekurangan
    Api yang dihasilkan dari kompor ini kurang maksimal karena biasanya hanya digunakan untuk menghangatkan makanan.


    Pastikan sebelum berangkat di petualangan, Anda perlu mengetes setiap perlatan kompor berfungsi dengan baik, sehingga tidak sia-sia dan tidak membahayakan.



    PERLENGKAPAN TIDUR DI PENDAKIAN
    Pastinya untuk tidur, kita membutuhkan tempat yang senyaman mungkin, karena telah melakukan perjalanan panjang dan melelahkan. Pastikan untuk peralatan tidur, bawalah perlengkapan tidur yang sesuai dengan pendakian, ini agar kita bisa beristirahat dengan nyaman dan mengumpulkan tenaga kembali untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya.


    • Penggunaan Lilin


    Apabila menggunakan lilin yang dinyalakan dalam tenda sebaiknya ditempatkan dalam tempat terlindung seperti di dalam panci / nesting / gelas, untuk menghindari kebakaran. Jangan biarkan lilin menyala ketika tidur. Saat akan tidur, gantilah matikan penerangan dan siapkan senter.


    • Pemilihan Jaket


    Gunakanlah jaket khusus pendakian yang terbuat dari bahan katun dan nilon dan dilapisi bahan penghangat tubuh. Dalam memilih jaket juga diusahakan untuk memilih yang multifungsi sebagai penahan dingin, penghangat, dan anti air. Jaket multifungsi seperti itu dalam pengemasannya akan membutuhkan tempat yang besar.


    • Sleeping bag / Kantong tidur / kepompong



    Biasanya terbuat dari sutera nilon pada lapisan luarnya yang membungkus bagian dalamnya berisi bulu-bulu sintetis. Ini berfungsi untuk menghangatkan badan saat tidur. Pilihlah sleeping bag yang tebal. Sleeping bag yang biasa, masih sering terasa dingin jika dipakai tidur. Penggunaannya seperti kepompong ulat. Kita masuk kedalam sleeping bag.


    • Matras / alas tidur
    Matras ini digunakan untuk alas di dalam tenda. Matras terbuat dari bahan busa dan karet yang ringan, sehingga akan hangat sebagai alas saat akan digunakan sebagai alas tidur. Selain itu juga mudah kering saat terkena air.


    Jangan sampai kamu lupa tidak membawa perlengkapan tidur. Lupa salah satunya seperti sleeping bag ataupun matras, itu akan sangat mengganggu tidurmu.



    PERLENGKAPAN ANTISIPASI HUJAN
    Untuk menghadapi bahaya seperti hujan, sakit akibat hujan dan angin kencang dapat kita kurangi resikonya dengan menggunakan perlengkapan jas hujan.


    • Jas Hujan Individu, mantel baju

    Gunakan yang menggunakan bahan nylon yang dilapisi dnegan anti air. Gunakan warna-warna cerah agar mudah dikenali. Bawa juga mantel plastik untuk menutupi keril / tas gunung. Biasanya mantel tas gunung masih bisa tembus air.


    • Jas hujan mantel batman

    Pemakian mantel batman bisa kita gunakan  sebagai tempat perlindungan seperti bivak. Yaitu dengan cara mengaitkan beberapa kayu dan tali.

    Itulah perlengkapan pendakian yang harus kita bawa dan dipersiapkan sebelum melakukan pendakian. Semoga bermanfaat.

    Tim viapendaki, official ig @mountnesia

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon