Persiapan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Ada yang berencana naik gunung? Atau mungkin baru pertama kali mau mendaki gunung? Lalu bagaimana cara persiapan fisik yang baik sebelum mendaki gunung?

Berikut ini adalah persiapan fisik sebelum melakukan pendakian gunung.

Kita akan menerapkan prinsip olahraga FITT. Apa itu FITT?

F: Frequency, yaitu banyaknya aktifitas olahraga yang kita lakukan. Lakukan secara rutin dalam berolahraga dalam seminggu hingga 3-5 kali. Pastikan lakukan dengan rutin. Dapat meulai olahraga sekitar 8-10 minggu sebelum melakukan pendakian gunung.

I: Intensity, yaitu memilih olahraga dengan tingkat kesulitan yang sedang. Olahraga dengan Intensitas ringan-sedang yang tidak melebihi 75% dari maximum heart rate (MHR) kalian. Ini agar jantung tidak terlalu di porsir dan tetap dalam kondisi yg baik. Rumus MHR adalah = 220 - usia kamu, contoh si Ali usia 20 tahun, MHR dia 200 kali detak jantung per menit. Jadi ketika ali melakikan olahraga, maka detak jantungnya tidak boleh melebihi 75% dari 200x / menit, yaitu jangan melebihi 150x / menit. Penghitungan setiap 10 -15 menit. Jika MHR kalian berlebih ketika olahraga, maka lakukanlah istirahat terlebih dahulu.

T: Time, yaitu durasi olahraga.
Lakukanlah olahraga dengan durasi waktu sekitar 30 hingga 60 menit. Atau ambil rata-rata 45 menit saja. Ketika kalian melakukan rutinitas olahraga, usahakan untuk konsisten menjalankan olahraga dengan sungguh - sungguh.

T: Type, yaitu mengenali jenis olahraga yang baik untuk persiapan pendakian
Jenis olahraga yang baik untuk pelatihan fisik pendakian  adalah olahraga aerobik yang membutuhkan banyak oksigen, seperti renang,  jogging, bersepada jauh, ataupun jalan cepat dal lari kecil. N
Atau dengan melakukan kegiatan naik turun tangga, ini terutama untuk melatih otot - otot pada paha, betis, serta kaki kalian. Jangan melakukan olahraga angkat beban, karena jenis olahraga ini adalah olahraga anaerobik, jadi kurang tepat untuk persiapan fisik dalam mendaki gunung.

Itulah persiapan fisik sebelum pendakian. Lakukanlah dengan rutin ya guys, supaya kalian tidak menjadi tim siput yang lelet, cepat lelah di pendakian dan menyusahkan teman seperjuangan. ^.^

Tim VIApendaki, ig official @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon