Persiapan Mendaki Gunung Sumbing

Tags
FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Foto dari @andiakhm

Mau ndaki gunung Sumbing? Sudahkah mempersiapkan kebugaran jasmanimu? Siapkan fisikmu dahulu supaya tidak sakit - sakitan ataupun loyo di pendakian!

Karena Gunung Sumbing itu cukup tinggi, yaitu 3371 Mdpl, jadi perlu persiapan fisik yang matang.

Berikut ini adalah beberapa tips pendakian dan persiapan fisik dalam pendakian gunung sumbing.

1. Lakukanlah olahraga rutin, 1 bulan sebelum pendakian. Dengan metode olahraga fisik FITT. Atau jika planningnya mendadak, beberapa hari sebelum melakukan pendakian, lakukan olahraga seperti jogging, lari - lari, pemanasan otot - otot terutama pada kaki sekitar 45 menit. Lakukan dua kali di pagi hari dan sore hari. Persiapan fisik ini untuk menghindari kram otot, syok, dan pegal - pegal setelah pendakian.

Baca juga
Klik : Prinsip Olahraga FITT

2. Makanlah makanan yang mengandung banyak kalsium, seperti susu, daging, dll, beberapa hari sebelum pendakian.

3. Jangan minum minuman berenergi
Minuman berenergi tidak cocok untuk pendakian.

Baca juga
Klik : Dampak Buruk Minuman Berenergi Untuk Pendakian

4. Perlunya kebugaran tubuh
Karena waktu tempuh pendakian sumbing cukup lama, 6 - 8 jam. Maka pastikan tubuh kalian dalan keadaan prima. Jangan lakukan pendakian ketika sedang sakit.

5. Udara dingin
Gunung Sumbing yang tinggi dan udaranya dingin terutama pada pagi hari, di basecamp pun sudah sangat dingin. Jadi pastikan selama pendakian membawa jaket khusus pendakian yang tebal.

6. Mendaki perlahan
Sering sakit kepala di pendakian gunung yang tinggi? Mendakilah secara perlahan, supaya tidak terjadi mountain sickness atau penyakit gunung yang ditandai dengan gejala sakit kepala. Ini disebabkan karena suhu dan oksigen. Tubuh perlu penyesuaian dan adaptasi oksigen, jadi mendakilah secara perlahan.

Baca juga
Klik : Penanganan dan Pencegahan Mountain Sickness

7. Bekal makanan cukup
Pastikan kalian membawa bekal makanan yang cukup karena pendakian sumbing tergolong tidak terlalu ramai. Di pos - posnya juga tidak ada penjual makanan maupun minuman seperti di sindoro via butuh, di punckanya juga tidak ada warung Mbok Yem, hehe. Biasanya kalau rame, di sumbing hanya ada penjual sampai pos 1 saja.

Jalurnya lewat mana saja?
Via Garung, Kab. Wonosobo, klik disini, pengalaman via garung lainnya, Klik Disini
Via bowongso, Kab. Wonosobo, klik disini
Via kaliangkrik, Kab. Magelang, klik disini

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon