Rute Menuju Gunung Telomoyo, Magelang

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

Foto oleh : instagram @andiakhm
Pernah ke telomoyo? Ternyata Telomoyo mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan! Berikut ini dokumentasi perjalanan dan rute menuju gunung telomoyo.

Gunung Telomoyo adalah gunung yang penuh misteri, banyak yang melakukan
pendakian kesana. Gunung ini bukanlah gunung aktif yang dijadikan sebagai menara pancar. Gunung Telomoyo ini mempunyai ketinggian 1.894 mdpl. Gunung ini satu daerah dengan gunung Merbabu dan Andong, jadi kalian bisa melakukan pendakian di ketiganya sekaligus karena basecampnya cukup berdekatan. Kita dapat mendaki sampai ke puncak telomoyo menggunakan sepeda motor. Untuk rute perjalanan ke Telomoyo,
Pertama, jika dari jogja, purworejo, kebumen dan sekitarnya, kita bisa melewati Artos magelang. Dari artos ambil jalur Semarang, Temanggung, Wonosobo, yaitu  jl Soekarno Hatta, lurus terus nantinya kita akan melewati terminal Tidar Magelang, setelah itu, sebentar lagi akan ada pertigaan lampu merah pertama, kemudian belok kanan dengan jalanannya menurun.
Dari pertigaan ini belok kanan

Dari situ kalian bisa lurus terus ikuti jalan utama sekitar 20km. Awal memasuki jalan arah kopeng, hawa dingin dan sejuk akan mulai terasa. Kemudian setelah menyusuri jalanan yang menanjak terus tiada habisnya, hawanya semakin dingin lagi dan mulai terlihat gugusan - gugusan gunung - gunung yang menjulang indah, terutama pada pagi hari seperti foto - foto dokumentasi di tulisan ini adalah hasil foto di pagi hari, jam 6 - 8 pagi.
Gn. Merbabu
Foto : instagram @andiakhm

Gn. Sumbing, Sindoro
Foto : instagram @andiakhm
Di sepanjang jalan kopeng, kita akan disuguhi dengan indahnya gunung - gunung di jawa tengah seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Andong, Telomoyo, gn. Ungaran dan gunung prau. Yang paling besar adalah gunung merbabu. Kita dapat melihat gunung merbabu yang menjulang tinggi dan besar.

Setelah beberapa menit menyusuri tanjakan, kemudian akan ada jalanan berkelok dan landai. Disana ada beberapa penjual gorengan. Kita dapat sekedar duduk disana minum kopi dan makan gorengan sambil menikmati keindahan gunung - gunung yang terlihat memesona. Untuk akses jalan kopeng ini sekarang sudah sangat enak karena lebar dan halus setelah pembangunan jalan pada lebaran tahun 2016.

View dekat warung - warung gorengan pinggir jalan
 Foto : instagram @andiakhm
Warung gorengan yang buka mulai sekitar am 8 pagi
Foto : instagram @andiakhm

Lanjut, sampai ada plang di sebelah kanan bertuliskan Dalangan seperti di gambar, kalian belok kiri. Kalau kalian dari arah semarang, berarti plang Dalangan ada di kiri jalan dan kalian bisa belok kanan.
Suasana agak berkabut, tetapi kemudian cerah
Dari arah magelang, belok kiri ke dalangan.
Dari semarang, belok kanan ke dalangan
Foto : instagram @andiakhm

Nah lurus terus sampai ada pertigaan mentok, kalian belok kiri.
Pertigaan mentok, belok kiri
Foto : instagram @andiakhm
Sebentar lagi akan sampai di pos pendakian gunung telomoyo di kanan jalan dan belok kanan masuk sekitar 50 meter menuju loket. Disana kalian akan dikenakan tarif masuk  Rp 5000 rupiah / motor. Lalu bisa melanjutkan perjalanan menaiki ke puncak telomoyo. Bagi yang nggak suka ngeluarin modal, biasanya kalau pagi sekitar setengah 6 atau jam 6 itu tidak ada yang menjaga loket. Jadi bisa masuk dengan geratiiis.
Foto : instagram @andiakhm

Foto : instagram @andiakhm

Foto : instagram @andiakhm
Tepatnya, jalur pendakian telomoyo ini berada
Di dusun Dalangan, Desa Pandean,
Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah
Foto : instagram @andiakhm

Perlu diketahui, sebaiknya kalian membawa sepeda motor saja, karena selain jalannya yang kebanyakan rusak, jalan menuju puncak telomoyo ini sempit, hanya muat untuk satu mobil saja. Jika ada dua mobil berlawanan dan berpapasan, itu tidak memungkinkan, karena kanan kirinya adalah tebing dan jurang. Kalau ada motor dan mobil berpapasan tentunya motornya harus mengalah. Pokoknya jangan bawa mobil deh. Selain itu, sebaiknya jangan bawa motor matic.
Ini medan yang cukup parah,
saya sempat turun dari boncengan,
karena hampir terpleset
Foto : instagram @andiakhm
Medannya ada yang halus ada yang rusak parah
Foto : instagram @andiakhm

Sempat ketemu anak racing, eh club motor,
Jadi saya harus berhenti karena tracknya susah,
Tidak memungkinkan untuk berpapasan

Di sepanjang jalur pendakian, jika tidak berkabut, kalian akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Kalian akan melihat pemandangan menakjubkan gunung - gunung seperti Andong, Merbabu, Ungaran, Sumbing, Sindoro, Prau, dan di bagian bawahnya diselimuti dengan awan, jadi serasa berada di atas awan dan disoroti oleh sinar mentari berwarna kemerahan khas sunrise di pagi hari. Atau, kalian juga bisa melihat rawa pening dan gemerlap kota pada malam hari. Sumpah bikin ketagihan! Tapi yang ngemudi motor tetep fokus ya, soalnya medannya terjal.
View gn Andong, di perjalanan pendakian
Foto : instagram @andiakhm

Karena puncak gunung telomoyo ini dijadikan sebagai menara / tower listrik, jadi kalian tidak bisa menikmati keindahannya di puncaknya. Kalian bisa menikmati di tempat - tempat lapang pinggir jalan pendakian.
Puncak Telomoyo, dibangun gardu listrik
Foto oleh : instagram @andiakhm
Puncak telomoyo view gunung ungaran
Foto oleh : instagram @andiakhm

Puncak, view sumbing
Foto oleh : instagram @andiakhm 
Sore hari di puncak
Foto oleh : instagram @andiakhm
Yang sangat disayangkan, karena telomoyo ini bisa dijangkau dengan sepeda motor, jadi banyak orang yang tidak bertanggungjawab membuang sampah sembarangan di pinggir jalan pendakian. Peringatan buat kalian yang mau ke telomoyo, jangan buang sampah sembarangan ya! Buang ya ditempat sampah.
Sampah pop mie, dan jajanan lainnya,
Di pinggir jalan dekat puncak telomoyo
Foto oleh : instagram @andiakhm

Jika melihat pemandangan indah di perjalanan jangan lewatkan untuk tidak mengambil moment foto, dijamin kalian akan sangat menyesalinya jika tak mengabadikannya. Sebelum puncak, ada tempat lapang yang menjadi cirikhas Gunung Andong yang sering dijadikan untuk moment foto bersama maupun selfie, yaitu gardu pandang Gunung Andong, tetapi tidak terlihat seperti gardu pandang. Gardu pandangnya hanya tatanan kayu yang ditata kuat dengan lempengan besi dan diletakkan di atas jurang. Jadi hati - hati ya kalau mau foto disana. Disekitar gardu pandang juga ada yang membuat tenda dan bermalam disana, walaupun hanya cukup untuk kurang lebih 7 tenda kapasitas 4 orang / tenda. Jika mau nge - camp, kalian bisa melakukannya di tanah lapang di pinggiran jalan pendakian. Namun hanya ada sedikit tanah lapang.
Background merbabu dari telomoyo
Foto : instagram @andiakhm 
Andong dan sumbing
Foto : instagram @andiakhm
Pemandangan di sore hari,
diambil 3 hari sebelum ndaki ke Andong lagi pada pagi hari
Gardu pandang
Foto oleh : instagram @andiakhm 
Gardu pandang, view merbabu,
Foto oleh : instagram @andiakhm

Foto oleh : instagram @andiakhm
Di area gardu pandang ini biasanya ramai kalau hari minggu. Tidak seramai Andong yang bisa ada ratusan pendaki, tetapi, menurut saya, pemandangan di Telomoyo lebih indah ketimbang Andong. Walaupun bisa didaki dengan sepeda motor sampai puncak, Gunung Telomoyo ini lebih tinggi dibanding dengan Gunung Andong yang hanya bisa di daki dengan berjalan kaki.
Video diatas awan di Mt Telomoyo dengan view andong, sumbing, sindoro, prau wonosobo, lawu

Saya juga punya video pemandangan telomoyo waktu pagi hari dengan view diatas awan yang disuguhi pemandangan memesona sumbing, sindoro, andong, gunung prau dan ungaran. Cek aja di instagram. Terimakasih.

Penulis
@andiakhm

Editor
Tim viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon