Tanda - Tanda Stres / Depresi

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Keadaan kejiwaan adalah bagian dari kesehatan manusia yang jarang diperhatikan oleh orang - orang biasa, tetapi sebenarnya mempelajari kejiwaan ini akan membawa dampak yg besar untuk kehidupan kita

Kali ini kita akan mempelajari tentang depresi, tentunya kita pernah mendengar ataupun beberapa diantara kita juga pernah mengalaminya. Sebenarnya apa saja tanda - tanda seseorang sedang mengalami depresi? Ataukah diri sendiri juga mengalaminya? Untuk mengetahui hal tersebut, mari kita simak ulasan dibawah ini.

Tanda - tanda seseorang mengalami depresi

1. Seseorang yang mengalami depresi akan kehilangan semangat hidupnya, ia akan kekurangan energi secara terus menerus, dan lemas, karena terlalu banyak fikiran di kepalanya.

2. Sulit untuk berkonsentrasi terhadap hal lain, karena sedang kebingungan menangani masalahnya. Akibatnya akan sulit dalam mengambil keputusan, dan kemudian penderita akan mudah melupakan banyak hal, hingga dapat menyebabkan muncul akal yang tidak sehat.

3. Ketika depresi, penderita mudah untuk tersinggung, gampang marah atau emosi, bahkan sering mengalami panik sendiri yang berlebihan.

4. Beberpa penyebabnya bisa dikarenakan penderita merasa sendiri atau kesepian, merasa dijauhi oleh keluarganya, teman, sahabat, hingga dijauhi oleh pasangan hidupnya, (berfikiran sempit) merasa tidak ada yang memperhatikannya.

5. Kadang sering mengalami sakit - sakit an di bagian tubuh tertentu seperti pada bagian kepala, perut ataupun pinggang, padahal tidak ada bukti medis kalau ia sedang sakit.

6. Mengalami perubahan nafsu makan; kadang penderita stres tidak mau makan, atau malah kadang penderita makan sangat banyak hingga melebihi porsi normalnya hingga berkali-kali lipat,

7. Terjadi perubahan pola tidur;
Mengalami gejala sulit untuk memulai tidur, atau kadang tidur terus menerus dalam waktu lama. Biasanya tidak dapat tidur karena memikirkan banyak hal yang membuat stres disertai sakit pada kepala.

8. Dari hal - hal diatas kemudian dapat memunculkan pikiran untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri, yang merupakan cirikhas tanda depresi berat. Atau mengalami hilang fikiran (gila)

Jika ada teman, sahabat, keluarga yang mengalami hal tersebut, maka segera hubungi psikolog atau dokter. Jika terjadi di pendakian semisal tim kalian tetsesat dan teman - teman kelian kebingungan, pastikan untuk membuatnya relax terlebih dahulu agar tidak muncul stress.

By instagram : dokter petualang
Ditulis ulang oleh Tim VIApendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon