Teknik Berjalan Saat Naik Gunung

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA


Bagaimana cara berjalan yang benar ketika menaiki gunung?

Berikut ini adalah teknik menaiki gunung yang benar untuk meminimalisir lelah dan kecelakaan ketika pendakian gunung menuju puncak

Kita dapat menggunakan langkah sedang dan sejajar dengan posisi badan atas, posisi tidak membungkuk. Untuk posisi badan kita, dapat disandarkan kedepan, tetapi tidak membungkuk. Atau banyaknya tingkat sandaran kedepan atau tumpuan kedepan untuk bersandar adalah tergantung dari sudut kemiringan medan pendakian.

Kaki dan badan perlu membuat gerakan berupa dorongan kedepan dengan kaki yang lurus. Kemudian kaki depan menapak secara perlahan sambil memastikan medan yang dipijak tersebut tidak labil (dalam medan terjal / licin / tanah labil rawan longsor).

Saat di medan yang menanjak, kaki jangan melangkah terlalu panjang. Ini dapat menguras tenaga kita. Melangkahlah seperti biasanya.

Menggunakan trekking pole / tongkat pendakian juga dianjurkan. Gunakan di samping badan, bukan didepan. Jangan terlalu jauh. Penggunaan tongkat pendakian ini untuk membantu keseimbangan badan.

Pastikan sepatu ataupun sendal juga telah dipersiapkan dengan matang. Ikat kuat tali sepatu ataupun sendal gunung. Pakailah kaos kaki tebal.

Baca juga
Klik : Tips Dan Teknik Turun dari Gunung

Tim Viapendaki, official ig @mountnesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon