Kebun Teh Medini Gunung Ungaran

FOLLOW official instagram pendaki gunung >>> @MOUNTNESIA

https://www.instagram.com/ratna_rps/

Tidak banyak orang yang mengetahui  Kebun Teh Medini. Kecuali beberapa masyarakat  yang berada di sekitar Pengunungan Ungaran dan beberapa pandaki gunung. Kebun teh Medini ini terletak di perbukitan pengunungan Ungaran , yang berada di Kabupaten Semarang , Jawa Tengah. Terletak di ketinggian 1500DPL yang  merupakan wilayah Kabupaten Kendal.  Para pendaki yang akan melakukan  pendakian ke pengunungan Ungaran biasanya akan melewati kebun teh Medini. Kerena setelah melewati kebun teh Medini para Hikingers akan beristirahat di basecamp yang dikenal dengan nama basecamp Promasan.

https://www.instagram.com/panjibahtiar_26/

Rute Dan Akses Menuju Kebun Teh Medini
Perjalanan menuju kebuh teh Medini memang tidak semudah menuju obyek wisata lainnya karena  jalan yang di pergunakan adalah standar truck pengangkut teh. Sebaiknya untuk kesana kita menggunakan kendaraan roda dua atau jeep dan sejenisnya. Atau mobil L300 juga bisa naik ke atas. Dari kota Semarang, para petualang bisa melewati jalur Pasar Jrakah – Boja melewati kecamatan Mijen dan Cangkiran. Saat memasuki wilayah Cangkiran, lurus menuju Taman Rejo, kalau belok ke kanan akan menuju Kecamatan Bojo.

Jika dari Ungaran, kita bisa melewati jalur Pasar Ungaran – Gunung Pati – Cangkiran. Memang semua jalur ini sempit, juga perlu ekstra hati-hati. Awal perjalanan pertama lebih mudah kerana berupa jalan aspal juga sangat enak dilewati. Setelah melewati kelurahan Taman Rejo, Kecamatan Limbangan, kita akan melewati jalur menuju Medini yang berbatu dan tidak mulus.

Disini kita perlu sabar dan ektra waspada dengan kedaan medan jalanan. Perjalanan dari ujung aspal pertama hingga Pintu masuk Kebuh Teh Medini kurang lebih memakan waktu sekitar 30 – 40 menit tergantung kendaraan dan kecepatannya. Kita akan melewati Desa Gempol, dan beberapa desa lainnya.


Tips : lebih mudah kita sebaiknya melewati jalur dalam desa ketimbang luar desa karena berbatu. Orang-orang di desa sangat supel jadi janganlah takut untuk bertanya.

Mengabadikan jalanan dan kondisi alam sekitar juga penting. Setelah melewati pemukiman warga yang terakhir, kita akan melewati jalur dengan medan yang berkelok-kelok berupa pemandangan bukit dan beberapa tanaman kopi. Suasana seperti udara mulai dingin dan sejuk, jadi kita memang perlu membawa jaket apabila kedinginan.

Apabila memasuki jalan Promasan, maka kita akan meleati pintu tiket masuk menuju Kebun Teh Medini, hanya dengan biaya sekitar Rp. 2.500,-  kalau belum naik. Lalu kita bisa merasakan sejuknya udara yang alami tanpa polusi. Lalu kita akan  berjalan melewati pabrik teh menuju kebun teh yang luas, tentu saja dengan motor atau mobil.
https://www.instagram.com/agung_setyawan_mountain_wind/

Kebun teh ini memiliki banyak jalur yang saling menjauh satu sama lain, dan sedikit yang berhubungan. Apabila memakai mobil L300, maka di Medini adalah perhentian terakhir. Apabila kita memakai Jeep atau motor bisa naik lagi menuju Promasan dan Gua Jepang dengan mengambil jalur tengah.

Cukup indah menikmati pemandangan yang di kebun teh ini, dengan kebun teh yang dengan tamanan teh berjajar satu sama lain yang hijau dan elok.

Tujuan utama selain di Medini adalah Barak Promasan dan Gua Jepang. Perjalanan dangan naik motor sekitar 30 menit dari Medini. Apabila sudah sampai basecamp Promasan, petulang bisa beristirahat di warung-warung yang berada di sekitarnya. Disana juga ada kolam air yang sejuk dan tentu saja dingin. Setelah istirahat, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Gua Jepang. Disebut Gua Jepang memang Gua ini adalah gua yang di buat olah Jepang untuk sarana perang pada jaman dulu.
https://www.instagram.com/coklatara/

Tips  Masuk Gua Jepang: Silakan masuk membawa senter yang terang dan jangan sendirian karena disana akan ada banyak ruangan. Sesuaikan mata dahulu dengan masuk ke gua dan pejamkan sebentar lalu buka lagi, untuk adapatasi dengan gelapnya gua.


Setelah selesai ke gua Jepang maka ada tempat yang tak kalah menarik yaitu sebuah Air Terjun yang tinggi dan indah. Letaknya di sekitar Pabrik Teh Medini atau  di pintu masuk tiket tadi.  Air terjun ini bernama Curug Lawe (curug : waterfall),  di jawa tengah memang banyak curug yang bernama Curug Lawe. Namanya sama namun beda tempat. Seperti di sekitar Gunungpati atau masuk wilayah Kalisidi terdapat juga Curug Lawe. Curug Lawe yang ada di Medini ini hanya bisa di akses  berjalan kaki saja. Dengan perjalanan yang membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit dari pintu tiket masuk. Kemudian akan melewati jalan setapak yang berkelok-kelok.
https://www.instagram.com/kristian_04_24/

Disana banyak bangunan yang di buat oleh Pabrik Teh Medini sebagai sarana camping Ground dan juga untuk istirahat.

Curug Lawe Medini memang belum banyak di akses oleh orang, bahkan pengelolaannya juga masih belum bagus. Bisa jadi disebabkan karena akses jalan menuju Curug Lawe ini yang susah untuk di jangkau oleh kebanyakan orang. Jalanan yang ekstra sulit dan jauh.

Di Curug Lawe, kita akan disuguhi pemandangan alam yang sangat-sangat alami dan indah menakjubkan. Kita perlu hati-hati karena curug ini tak semudah di jangkau orang untuk mendekati pusat jatuhnya air. Disana juga masih banyak hewan-hewan liar yang berkeliaran seperti kera, gareng pong, lintah dan mungkin  juga ada ular. Airnya dingin dan segar bisa dibuat mandi setelah melakukan perjalanan yang penuh keringat.

Foto - foto kebun teh medini
https://www.instagram.com/agung_setyawan_mountain_wind/
https://www.instagram.com/adityaputra3003/

https://www.instagram.com/wartiningsih10/
Kesini bareng sahabat akan membuat lebih bermakna
https://www.instagram.com/danuarifpujiyanto/
https://www.instagram.com/fransiscaatika/
Air terjun lawe, kebun teh medini

Tim Viapendaki, official ig @mountnesia


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon